Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Jaringan Hewan Vertebrata

Baca di App
Lihat Foto
NATIONAL GEOGRAPHIC/ICMBIO
Puma berwarna putih tertangkap kamera di hutan Brasil. Variasi warna bulu hewan langka ini, diduga karena gen nenek moyang mereka sebelumnya yang memiliki warna seragam.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Dalam mempelajari bab vertebrata pada bagian jaringan, tentu adalah hal rumit untuk mengingat beberapa jaringan-jaringan yang penting. Berikut telah dirangkum beberapa pembahasan mengenai jaringan-jaringan pada vertebrata.

Soal dan Pembahasan

1. Sebutkan jaringan dasar apa saja yang terdapat pada hewan vertebrata dan manusia!

Jawaban:

Jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2. Apakah perbedaan jaringan epitel simpleks dan jaringan epitel kompleks?

Jawaban:

Jaringan epitel simpleks adalah jaringan epitel sederhana yang terdiri dari satu lapisan sel, sedangkan jaringan epitel kompleks adalah jaringan epitel majemuk yang terdiri dari banyak lapisan.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Macam-macam jaringan epitel simpleks dan kompleks

Dilansir dari Easy Biology Class, sel-sel pada epiter simpleks memiliki sel yang serupa dank arena tipis, epitel simpleks berfungsi untuk absorpsi dan sekresi, namun hanya memberikan sedikit perlindungan pada struktur dibawahnya.

Baca juga: Jaringan Epitelum, Ikat, Otot dan Saraf pada Vertebrata

 

 

Jaringan epitel simpleks dapat ditemukan pada lambung dan usus. Epitel kompleks memiliki sel yang lebih variatif, dank arena sifatnya yang berlapis dan tebal, epitel kompleks dapat memberikan perlindungan struktur dibawahnya terhadap serangan mekanis maupun kimiawi.

Tidak seperti epitel simpleks yang memiliki fungsi absorpsi dan sekresi, epitel kompleks hanya memiliki fungsi perlindungan. Epitel kompleks dapat ditemukan pada faring dan rongga bukal.

3. Sebutkan macam-macam jaringan ikat pada vertebrata!

Jawaban:

Dilansir dari Medicine Libretexts, jaringan ikat terdiri atas jaringan longgar, jaringan padat, jaringan tulang rawan, tulang, dan darah.

Jaringan longgar terdiri atas jaringan areolar, lemak, dan retikuler, sedangkan jaringan padat terdiri atas jaringan padat teratur, tidak teratur, dan elastis.

Baca juga: Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata dan Cara Geraknya

  • Jaringan ikat areolar

Jaringan ikat areolar adalah jaringan ikat yang tersebar eseluruh tubuh, mengisi rongga rongga antar serat otot dan perut, mengikat pembuluh darah dan getah bening, dan membantu melawan infeksi edema.

  • Jaringan lemak (adiposa)

Jaringan lemak adalah jaringan yang terdiri dari cadangan lemak dan berfungsi melindungi tubuh dari suhu rendah, benturan mekanis, dan juga mlindungi organ seperti mata dan ginjal.

  • Jaringan ikat retikuler

Jaringan retikuler adalah jaringan dengan serat retikuler yang mengikat organ dalam tubuh terutama pada saluran getah bening, limfatik, hati, dan sumsum tulang.

  • Jaringan ikat padat

Jaringan ikat padat adalah jaringan ikat yang banyak mengandung kolagen sehingga dapat mengikat dengan kuat. Jaringan ikat pada membentuk ligament, tendon, membungkus otot, pembuluh darah, serta saraf.

Baca juga: Bisa 5 Abad, Inilah Vertebrata dengan Usia Terpanjang di Dunia

 

  • Jaringan ikat padat tidak beraturan

Jaringan ikat padat tidak beraturan juga terdiri dari banyak kolagen, namun bentuknya menyerupai jarring yang tidak beraturan. Jaringan ikat tak beraturan memberikan struktur yang kuat dan dapat kembali ke bentuk aslinya seperti pada dermis kulit.

  • Jaringan ikat elastis

Jaringan ikat elastis megandung kolagen dan serat elastis yang membuatnya dapat meregang lalu kembali ke bentuk aslinya. Jaringan elastis dapat ditemukan paru-paru, pembuluh arteri, dan bronkial.

  • Jaringan tulang rawan

Jaringan tulang rawan adalah jaringan ikat yang fleksibel karena bersifat elastis namun kaku, tebal namun halus. Jaringan tulang rawan elastis ditemukan pada daun telinga, tulang rawan hialin ditemukan pada rusuk, hidung, trakea, dan laring.

Adapula tulang rawan fibrocartilage yaitu jaringan ikat yang kuat dan dapat menahan tegangan, ditemukan pada sendir lutut dan rahang.

Baca juga: Jaringan Meristem: Struktur, Fungsi, dan Ciri-cirinya

  • Jaringan ikat tulang

Jaringan ikat tulang adalah jaringan ikat paling keras yang terdapat pada tubuh vertebrata. Jaringan ikat tulang memberikan bentuk pada tubuh, memungkinkannya bergerak, serta melindungi organ dalam tubuh dari kerusakan lingkungan luar.

  • Darah

Darah juga merupakan jaringan ikat, karena darah dapat mengikat oksigen dan juga nutrisi yang masuk kedalam tubuh, serta mengedarkannya keseluruh tubuh.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi