Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Gerund dan Infinitive

Baca di App
Lihat Foto
Gerund dan infinitive
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com – Ketika menyampaikan suatu kalimat bahasa Inggris, kita biasa menggunakan gerund maupun infinitive. Apa perbedaan antara keduanya? Simak ulasannya berikut ini:

Gerund merupakan kata kerja yang diberi imbuhan –ing dan fungsinya di dalam kalimat adalah sebagai kata benda atau noun.

Sedangkan infinitive, seperti yang dikutip dari Collins COBUILD Learner’s Pocket Dictionary (2015), the infinitive of a verb is the basic form, for example “do”, “be”, “take”, and “eat”. The infinitive is often used with “to” before it.

Infinitive adalah bentuk dasar dari kata kerja, contohnya “do”, “be”, “take”, dan “eat”. Infinitive sering digunakan dengan “to” di depannya.

Maka dari itu, perbedaan yang mencolok dari keduanya ialah gerund menggunakan –ing, sedangkan infinitive merupakan kata kerja dasar atau biasa menggunakan “to”.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Pengertian Gerund dan Contohnya

Penggunaannya dalam kalimat memang sama, yaitu menjadi kata benda. Terkadang hal tersebut yang membuat kita yang bukan penutur asli bahasa Inggris menjadi sedikit bingung kapan harus menggunakan gerund maupun infinitive.

Namun ada hal yang bisa kita bedakan, yaitu ada kata kerja tertentu yang digunakan dengan gerund saja, infinitive saja, atau bisa keduanya.

Berikut adalah kata kerja yang umum digunakan dengan gerund dan infinitive seperti yang dikutip dari BBC Learning English:

Baca juga: Contoh Kalimat Simple Past Future Tense

Contohnya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: BBC
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi