Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-Macam Gerak Otot pada Manusia

Baca di App
Lihat Foto
youliketoknow
Sebuah torso memperlihatkan sistem otot manusia, nampak depan dan belakang.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Otot merupakan alat gerak aktif pada manusia. Manusia bergerak dan beraktivitas menggunakan otot. Gerakan otot tersebut tentu memiliki nama, fungsi dan ciri khas nya masing-masing.

Namun, apa saja macam-macam gerak otot pada manusia? Jika kamu belum mengetahuinya, maka simak pembahasan nya berikut ini.

Soal dan Pembahasan

Sebutkan macam-macam gerak otot pada manusia!

Jawaban:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti dilansir Backyard Brains, fleksi adalah gerakan otot untuk menekuk dua tulang, sedangkan ekstensi adalah gerakan otot meluruskan dan memanjangkan dua tulang.

Contoh gerak fleksi adalah saat menekuk lengan, kaki, saat kepala menunduk, dan saat pinggang menekuk untuk membungkuk.

Contoh gerak ekstensi adalah saat pemanasan untuk olah raga dimana kamu meregangkan kaki, tangan, dan pinggang, juga saat menengadah untuk melihat langit.

Adduksi dan abduksi adalah gerakan di sisi tubuh, abduksi adalah gerakan yang menjauhi tubuh, sedangkan adduksi adalah gerakan mendekati tubuh. Gerakan abduksi sama ketika kita melakukan jumping jack.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Nyeri Otot Setelah Olahraga

 

Saat kita mengangkat lengan hingga ke bahu, disebut dengan gerakan abduksi. Saat lengan diturunkan ke bawah mendekati pinggang, disebut dengan gerakan adduksi.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Gerak pronasi, supinasi, dorsifleksi dan fleksi plantar

Supinasi adalah gerakan memutar lengan bawah untuk menengadahkan telapak tangan, sedangkan pronasi adalah gerakan memutar lengan bawah untuk menelungkupkan telapak tangan.

Baca juga: Tak Cuma Obesitas, Makanan Tinggi Lemak dan Gula Picu Nyeri Otot

 

Gerakan supinasi dilakukan saat kita menerima sesuatu dari orang lain, sedangkan gerakan pronasi dilakukan saat kita memberi sesuatu pada orang lain.

 

  • Dorsifleksi dan fleksi plantar

Dorsifleksi adalah gerakan mengangkat telapak kaki ke tulang kering, sedangkan plantar fleksi adalah gerakan mengangkat tumit kaki atau berjinjit.

  • Elevasi dan depresi

Elevasi adalah gerakan otot yang menaikkan anggota tubuh, sedangkan depresi adalah gerak otot yang menurunkan anggota tubuh.

Contoh gerak elevasi adalah saat mengangkan bahu, saat melihat keatas, dan saat mengigit sesuatu. Contoh gerak depresi adalah saat melihat kebawah dan saat membuka mulut.

Baca juga: Ini Alasan Pentingnya Menjaga Massa Otot Pada Masa Pemulihan Orang Tua

 

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Gerak inversi, eversi, protaksi dan retraksi

  • Inversi dan eversi

Inversi adalah gerakan menekuk telapak kaki kedalam, sedangkan eversi adalah gerakan menekuk telapak kaki keluar. Contoh gerak inversi adalah saat melihat telap kaki karna ada kotoran yang menempel, contoh gerak eversi adalah melihat mata kaki saat sedang berdiri.

  • Protaksi dan retraksi

Protaksi adalah gerakan otot kedepan tanpa merubah sudut, sedangkan retraksi adalah gerakan otot kebelakang tanpa merubah sudut. Gerakan protaksi saat kau mendorong rahang bawah kedepan, dan saat kau menarik rahan bawah kebelakang adalah gerakan retraksi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi