Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap Sikap Saat Melayang di Udara dalam Olahraga Lompat Jauh

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Atlet Indonesia Maria Natalia Londa bertanding pada final lompat jauh putri 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (11/2/2018). Ia berhasil meraih medali emas dengan lompatan sejauh 6,43 meter.
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Olahraga atletik memiliki banyak cabang olahraga, salah satunya adalah nomor lompat. Salah satu contoh olahraga atletik nomor lompat adalah olahraga lompat jauh.

Sesuai dengan namanya, olahraga lompat jauh dilakukan dengan melompat sejauh mungkin ke dalam bak pasir, agar bisa memperoleh jarak terjauh dan memenangkan pertandingan.

Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan olahraga lompat jauh?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan melompat ke depan untuk menjangkau suatu posisi yang cukup jauh.

Dalam KBBI dituliskan, jika lompat jauh dilakukan dengan menolakkan salah satu kaki pada sebuah pijakan untuk melompat sejauh mungkin.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Tahap Tolakan dalam Olahraga Lompat Jauh

Olahraga lompat jauh memiliki empat teknik dasar, yakni teknik awalan, teknik tolakan, teknik sikap saat melayang di udara, serta teknik pendaratan.

Keempat teknik ini juga berarti empat fase yang harus dijalani oleh para atlet lompat jauh. Maka dari itu, para atlet harus menguasai seluruh teknik tersebut dengan baik.

Tahap atau teknik ketiga yang harus dikuasai para atlet lompat jauh adalah sikap saat melayang di udara, atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai fase flight.

Mengutip dari situs My Active SG, fase flight memiliki tiga jenis teknik, yaitu stride jump, hang style, dan the hitch-kick.

Apa yang dimaksud dengan ketiga teknik tersebut?

Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs My Active SG dan Athletics Coaching:

Baca juga: Pengertian dan Teknik Lompat Jongkok

Pada gaya stride jump, biasanya para atlet akan mempertahankan posisi kaki untuk lepas landas selama mungkin.

Setelah mendarat, kaki yang digunakan untuk take-off akan bergabung dengan kaki satunya, untuk melakukan pendaratan yang baik dan seimbang.

Sedangkan untuk hang style, para atlet biasanya akan mengarahkan kaki yang tidak digunakan untuk lepas landas, ke arah vertikal.

Hal ini dilakukan bersamaan dengan kaki yang digunakan untuk take-off (lepas landas).

Pada saat akan mendarat, lengan dayunkan melewati kaki untuk memberi tenaga sewaktu pendaratan ke bak pasir.

Teknik lainnya adalah hitch-kick, setelah melakukan take-off, kaki yang tidak digunakan untuk lepas landas, harus diluruskan serta diayunkan ke belakang dan bawah.

Baca juga: Pengertian dan Teknik Lompat Kangkang

Hal ini juga dilakukan bersamaan dengan melipat kaki yang digunakan untuk take-off ke arah pinggul dan membungkukkan badan ke arah depan.

Selanjutnya pada teknik hitch-kick, kaki yang digunakan untuk lepas landas diayunkan ke depan serta diluruskan, sebagai langkah persiapan untuk melakukan pendaratan.

Kaki yang tidak digunakan untuk lepas landas, dilipat ke atas dan bergerak ke depan untuk bergabung dengan kaki yang digunakan untuk melakukan take-off, kemudian melakukan pendaratan yang baik dan seimbang.

Untuk hang style dan hitch-kick, dua teknik ini hanya efektif untuk diterapkan jika sang atlet bisa melompat dengan jarak lebih dari lima meter.

Penguasaan teknik yang baik serta rutin berlatih menjadi salah satu kunci keberhasilan melakukan seluruh teknik tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi