Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periode Sastra Pujangga Baru

Baca di App
Lihat Foto
Novel Layar Terkembang karya Sultan Takdir Alisjahbana
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Dalam periodisasi sastra Indonesia, Periode Pujangga Baru merupakan satu periode yang penting.

Periode Pujangga Baru muncul setelah periode Balai Pustaka. Sebutan Pujangga Baru berawal dari sebuah majalah sastra dan budaya "Poedjangga Barne" yang terbit 29 Juli 1933.

Sastrawan yang menandai periode ini antara lain Sutan Takdir Alisyahbana, Armijn Pane, Asrul Sani, Sanusi Pane, Amir Hamzah, Ali Hasymi, J.E Tatengkeng, Selasih, dan Mozasa.

Salah satu karya paling terkenal pada periode ini adalah novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Novel tersebut menyiratkan polemik sastra dan kehidupan modern.

Dilansir dari Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, hal-hal yang dibicarakan di dalam karya-karya angkatan ini berkisar pada persoalan kebangsaan dan juga persoalan emansipasi wanita.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sastrawan periode Pujangga Baru ingin lepas dari kekangan Belanda. Mereka ingin berkarya tanpa harus menuruti aturan Balai Pustaka bentukan kolonial.

Baca juga: Periode Sastra Balai Pustaka

Menurut Andri Wicaksono dalam Pengkajian Prosa Fiksi (2017), Pujangga Baru muncul sebagai reaksi atas banyaknya sensor yang dilakukan oleh Balai Pustaka terhadap karya tulis sastrawan pada masa tersebut, terutama karya sastra yang menyangkut rasa nasionalisme dan kesadaran kebangsaan.

Ciri-ciri karya sastra Pujangga Baru yang membedakan dengan periode lainnya adalah sebagai berikut:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi