Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artinya Literally dalam Bahasa Inggris

Baca di App
Lihat Foto
Literally dalam bahasa Inggris
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com – Apakah kalian pernah mendengar kata literally? Kata ini sering dijumpai dalam percakapan. 

Mengutip Collins English Dictionary, kata ini digunakan untuk “emphasize what you are saying is true, even though it seems exaggerated or surprising”.

Literally digunakan untuk menekankan bahwa apa yang kamu katakan itu benar, meskipun tampak berlebihan atau mengejutkan.

Contohnya adalah sebagai berikut:

Jadi, maksud literally di sini seolah memberi penekanan pada klausa atau frasa yang mengikutinya, seperti kata “really”.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara Mengatakan Tidak Apa-apa atau Baik-baik Saja dalam Bahasa Inggris

Selain itu, ada pula penggunaan “literally” yang maksudnya arti dari suatu kata memang seperti itu.

Melansir Oxford Learner’s Dictionaries, “literally” maksudnya ialah “in a literal way” atau “secara literal”. Jadi, jika kita mengungkapkan sesuatu menggunakan kata “literally”, maksudnya ialah secara harfiah.

Contoh:

Kedua arti dari “literally” di atas bisa digunakan dalam komunikasi sehari-hari maupun tulisan. Namun, ada pula kata “literally” yang biasa digunakan dalam situasi informal atau obrolan biasa.

Kata “literally” yang harusnya bermakna secara harfiah ini terkadang digunakan oleh orang-orang untuk menekankan kalimat yang bermakna kias. Contohnya “This ticket literally costs an arm and a leg” (Tiket ini benar-benar berharga satu lengan dan satu kaki).

Kalimat di atas memang maksudnya “benar-benar” atau “really”, namun klausa selanjutnya tidak bermakna secara harfiah. “Cost an arm and a leg” merupakan idiom yang artinya sangat mahal, jadi yang dimaksud tiket itu harganya sangat mahal.

Idiom tidak bisa kita maknai secara literal atau secara harfiah, padahal “literally” maksudnya adalah secara harfiah. Maka penggunaan tersebut bertolak belakang.

Jadi, penggunaan tersebut dianggap tidak benar oleh sebagian orang. Melansir Collins Dictionary, beberapa penutur bahasa Inggris yang cermat menganggap penggunaan ini tidak benar.

Maka, lebih baik kita menggunakan kata “literally” ini sesuai dengan makna yang sebenarnya.

Baca juga: Contoh Kalimat Pujian dalam Bahasa Inggris

Berikut contoh kalimat lainnya:

  • My nephew literally brought all his toy cars to my house. / Keponakanku benar-benar membawa semua mobil mainannya ke rumahku.
  • I literally use this product every day. / Aku benar-benar menggunakan produk ini setiap hari.
  • When I say “go away”, I literally mean it. / Ketika aku mengatakan “pergi”, aku serius mengatakannya.
  • The term “world” here literally means our earth and everything in it. / Istilah “dunia” di sini secara harfiah berarti bumi kita dan seisinya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi