Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Politik

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Pelantikan Anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2019 - 2024 pada sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2019) pagi.
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com – Pembangunan politik merupakan aspek penting yang harus diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebab hampir semua kebijakan publik berhubungan erat dengan kegiatan politik.

Dalam proses pembangunan politik, warga negara Indonesia harus ditempatkan sebagai subjek politik bukan hanya sekedar objek politik.

Nilai pancasila bersumber dari kodrat manusia, sehingga pembangunan politik harus bisa meningkatkan harkat dan martabat manusia.

Selain pancasila, sistem politik Indonesia juga bersumber dari manusia sebagai subjek sehingga dalam proses pembangunan politik harus mampu menempatkan kekuasaan tertinggi pada rakyat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem politik Indonesia harus sesuai dengan pancasila sebagai paradigma, yaitu sistem politik demokrasi. Demokrasi berarti kekuasaan berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Lebih lanjut, Heri Herdiawanto dan kawan-kawan dalam bukunya yang berjudul Spiritualisme Pancasila (2018), menjelaskan bahwa pembangunan politik di Indonesia harus didasarkan pada asas kerakyataan yang terkadung dalam sila ke-IV pancasila.

Selanjutnya pembangunan politik juga harus didasarkan pada asas-asas yang lain sesuai dengan sila Pancasila.

Baca juga: Pancasila sebagai Paradigma Pengembangan IPTEK

 

Maka secara berturut-turut, pembangunan politik di Indonesia didasarkan pada asas ketuhanan (sila I), asas kemanusiaan (sila II, asas persatuan (sila III), dan asas keadilan (sila V).

Edi Rohani dalam bukunya yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2019), menjelaskan bahwa secara garis besar, pancasila sebagai paradigma pembangunan politik memiliki arti bahwa pancasila bersifat sosial-politik bangsa dalam cita-cita bersama yang ingin diwujudkan dengan menggunakan nilai-nilai dalam pancasila.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan implementasi nilai-nilai pancasila dalam pembangunan politik, sebagai berikut:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi