Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Reaksi Kesetimbangan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baca di App
Lihat Foto
bestfunquiz.com
Ilustrasi kesetimbangan kimia.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Kesetimbangan kimia adalah kondisi dimana suatu reatan dan produk dalam suatu reaksi memiliki jumlah mol yang sama. Lalu apasajakah contoh reaksi kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini!

Soal dan Pembahasan

Berikan contoh reaksi kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

Dilansir dari ThoughtCo. Pada tahun 1803, Claude Louis Berthollet melihat bahwa kelebihan garam di danau mendorong pembentukan natrium karbonat dan kalsium klorida, yang kemudian kembali lagi menjadi natrium klorida dan kalsium karbonat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi inilah yang merevolusi ilmu kimia bahwa tidak semua reaksi berjalan satu arah, namun ada juga reaksi bolak-balik dengan kesetimbangan yang dapat bergeser.

Pembuatan ammonia menggunakan prinsip kesetimbangan kimia.

Secara alami embuatan ammonia sangatlam lama dan ditak efisien, penggunaan katalis dan suhu yang tinggi memungkinkan ammonia diproduksi secara cepat dan banyak, proses ini disebut dengan proses Haber-Bosch

Pembuatan asam sulfat menggunakan katalis vanadium untuk mempercepat laju reaksi dan membentuk asam sulfat yang pekat, proses ini disebut dengan proses kontak.

Metanol adalah zat kimia yang banyak digunakan sebagai bahan pendingin anti beku dan bahan bakar. Pembuatan methanol menggunakan prinsip kesetimbangan kimia dengan mempertahankan suhu, takanan, dan katalis agar methanol dapat terbentuk secara efisien.

 

  • KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Reaksi pengikatan oksigen oleh darah

Reaksi pengikatan oksigen dalam darah makhluk hidup oleh hemoglobin (Hb) adalah reaksi kesetimbangan dinamin yang reversible.

Hemoglobin dapat mengikat oksigen dan dapat melepaskannya kembali. Reaksi pengikatan oksigen dalam darah inipun dapat mengalami pergeseran kesetimbangan jika berada tekanan yang berbeda.

  • KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Reaksi pengikatan Karbon monoksida oleh darah

Selain oksigen, hemoglobin juga dapat mengikat karbon monoksida (CO) dalam darah dengan ikatan yang jauh lebih kuat.

Hemoglobin mengikat CO lebih kuat dibandingkan saat mengikat O, sehingga tetapan kesetimbangan reaksi pengikatan karbon monoksida dalam darah lebih tinggi daripada saat mengikat oksigen.

Karena hemoglobin mengikat CO lebih kuat, terlalu banyak menghirup CO akan membahayakan tubuh karena darah akan terisi penuh CO dan tubuh kekurangan oksigen.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: thoughtco
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi