Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Review Text

Baca di App
Lihat Foto
Buku Harry Potter and the Deathly Hallows
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com – Bagaimana contoh review text? Review text merupakan teks yang berisi ulasan tentang suatu karya atau produk.

Dalam review text, biasanya penulis memberikan opininya tentang karya yang diulasnya kemudian memberikan saran atau rekomendasi.

Berikut contoh review text dalam bahasa Inggris untuk suatu karya seperti buku, film, dan lagu:

Contoh teks 1

Harry Potter and the Deathly Hallows: A Book Review

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harry Potter by J.K. Rowling has been became a very well-known series in the fiction world and has huge fans all around the world. The last series which is Harry Potter and the Deathly Hallows was first released in 2007.

It becomes one of my favorite books since the author successfully portrays the war between Harry and his enemy with a very intriguing ways. This book tells us the journey of Harry and his friends on finding and destroying parts of Voldemort souls, the Horcruxes.

This book is the kind of story that can brings us into a different world to see clearly what Harry felt, how he tried to combat what he feared the most, and how the tensions between Harry and his best friends accompanied his adolescent. Harry knew that he had to go through all the deathly hallows and there were times when he and his friends wanted to give up. Even so, he chose to fight and sacrifice for the people he loved.

I think the most surprising part is when we finally knew who the master of Elder Wand was. The duel between Harry and Voldemort is a well-written part and it feels like the book can pull the readers into the story.

For those who like fantasy, this book is a must-to-read since reading this book is like collecting puzzle pieces into a complete picture.

Baca juga: Review Text: Definisi, Struktur, dan Ciri

Terjemahan

Harry Potter dan Relikui Kematian: Ulasan Buku

Harry Potter oleh J.K. Rowling telah menjadi serial yang sangat terkenal di dunia fiksi dan memiliki begitu banyak penggemar di seluruh dunia. Serial terakhir yaitu Harry Potter dan Relikui Kematian dirilis pertama kali pada tahun 2007.

Novel ini menjadi salah satu buku favorit saya karena penulis berhasil menggambarkan perang antara Harry dan musuhnya dengan cara yang sangat memukau. Buku ini menceritakan perjalanan Harry dan teman-temannya dalam menemukan dan menghancurkan bagian dari jiwa Voldemort, Horcrux.

Buku ini adalah jenis cerita yang dapat membawa kita ke dunia yang berbeda untuk melihat dengan jelas apa yang Harry rasakan, bagaimana dia mencoba melawan apa yang paling dia takuti, dan bagaimana ketegangan antara Harry dan sahabatnya menyertai masa remajanya. Harry tahu bahwa dia harus melalui semua relikui kematian dan ada kalanya dia dan teman-temannya ingin menyerah. Meski begitu, dia memilih untuk bertarung dan berkorban untuk orang-orang yang dia cintai.

Saya pikir bagian yang paling mengejutkan adalah ketika kita akhirnya tahu siapa pemilik Tongkat Sihir Elder. Duel antara Harry dan Voldemort menjadi bagian yang ditulis dengan baik dan rasanya buku itu bisa menarik pembaca ke dalam cerita.

Bagi orang-orang yang menyukai fantasi, buku ini wajib dibaca karena membaca buku ini ibarat mengumpulkan potongan puzzle menjadi sebuah gambaran yang utuh.

Contoh teks 2

Parasite (2019): Film Review

Parasite (2019) is a South Korean movie which tells about the difference of social class in society. The story is about two different families whose social status are very different.

This film is considered as a great film that it wins Palme d’Or at Cannes film festival. Director Bong Joon-Ho takes us to live the life of a poor Ki-Taek’s family, then asks us to see how luxury Mr. Park’s family is. At first, Parasite presents social inequality with comedy. However, the climax will got us into a thrill.

The characters are well performed by the actors and actresses. Each of them has their unique role to make this film worth to watch more than two hours. Ki-woo (Choi Woo-sik) and Ki-jung (Park So-dam), siblings who play a lot of sense, give deep impression to the audiences and the innocent Mrs. Park (Jo Yeo-jeong) successfully portray the rich lady in Korean society. The cinematography is also well-crafted to help the audiences see different conditions in different perspectives. The sound and lighting are perfectly support each scene. Moreover, the dialogues are well-written and manages to steal the audience's attention because there are many philosophical lines that we can take the meaning of.

In the end, Parasite is a great Korean movie to enjoy since it describes something close to our lives, which is social class, but it is made in different way and out of the box. No wonder this film got many awards after its release.

Baca juga: Contoh Discussion Text tentang Covid-19

Terjemahan

Parasite (2019): Ulasan Film

Parasite (2019) adalah sebuah film dari Korea Selatan yang menceritakan tentang perbedaan kelas sosial dalam masyarakat. Cerita tersebut tentang dua keluarga berbeda yang status sosialnya sangat berbeda.

Film ini dianggap sebagai film hebat yang memenangkan Palme d'Or di festival film Cannes. Sutradara Bong Joon-Ho membawa kita untuk menjalani kehidupan keluarga Ki-Taek yang malang, lalu meminta kita untuk melihat betapa mewahnya keluarga Tuan Park. Parasite awalnya menghadirkan ketimpangan sosial dengan komedi. Namun, klimaksnya akan membuat kita gemetar.

Karakternya dibawakan dengan baik oleh para aktor dan aktris. Masing-masing memiliki peran unik yang membuat film ini layak ditonton lebih dari dua jam. Ki-woo (Choi Woo-sik) dan Ki-jung (Park So-dam), saudara kandung yang memainkan banyak akal, memberikan kesan yang dalam kepada penonton dan Nyonya Park (Jo Yeo-jeong) yang lugu berhasil memerankan wanita kaya dalam masyarakat Korea. Sinematografinya juga dibuat dengan baik untuk membantu penonton melihat kondisi yang berbeda dalam perspektif yang berbeda. Suara dan pencahayaan sangat mendukung setiap adegan. Apalagi dialognya ditulis dengan baik dan berhasil mencuri perhatian penonton karena ada banyak dialog filosofis yang bisa kita ambil maknanya.

Pada akhirnya, Parasite adalah film Korea yang bagus untuk dinikmati karena menggambarkan sesuatu yang dekat dengan kehidupan kita, yaitu kelas sosial, tetapi dibuat dengan cara yang berbeda dan out of the box. Tak heran jika film ini mendapat banyak penghargaan setelah dirilis.

Contoh teks 3

Better Days by SuperM: A Song to Comfort You in 2020

Better Days is one of the songs in the album “Super One” by South Korean boygroup SuperM. The album was released on September 25, 2020 by SM Entertainment and Capitol Records and it became the first studio album of SuperM.

The song Better Days itself is a ballad song that has a meaningful lyrics. The lyrics are written fully in English by Andreas Öberg, Andy Love, and Christoffer Semelius and it successfully captivated my heart since the lyrics exactly describes everything what we’ve been through in 2020.

“I know that it feels like (Feel likes) the world is falling down
And you can't make it through
There's gon' be better days, better days, better days”

The title “Better Days” is in the lyrics. It reminds us that even though the world doesn’t go like what we expect and it seems that the problems make us cry, we don’t have to worry because there will be better days. Each line is well-performed and the sweet melody is easy to listen.

This song surprises many since SuperM itself often brings the powerful song with dynamic dance such as “Jopping” which is their debut song in 2019. However, Taemin, Baekhyun, Kai, Taeyong, Ten, Mark, and Lucas successfully convey the message of this song through their voices both in vocals and raps. In addition, this song was performed by SuperM as a participation in WHO’s Big Event for Mental Health which was held on October 10, 2020.

Overall, Better Days is a good song representing what many people feel and it can comfort as well as accompany us if we start to feel down.

Baca juga: Contoh Narrative Text beserta Strukturnya

Terjemahan

Better Days oleh SuperM: Sebuah Lagu untuk Menghiburmu di tahun 2020

Better Days merupakan salah satu lagu dalam album "Super One" oleh boygroup Korea Selatan SuperM. Album ini dirilis pada 25 September 2020 oleh SM Entertainment dan Capitol Records dan menjadi album studio pertama SuperM.

Lagu Better Days sendiri merupakan lagu ballad yang memiliki lirik yang bermakna. Liriknya ditulis sepenuhnya dalam bahasa Inggris oleh Andreas Öberg, Andy Love, dan Christoffer Semelius dan berhasil memikat hati saya karena liriknya persis menggambarkan semua yang telah kita lalui di tahun 2020.

“I know that it feels like (Feel likes) the world is falling down
And you can't make it through
There's gon' be better days, better days, better days”

Judul "Better Days" ada dalam liriknya. Ini mengingatkan kita bahwa meskipun dunia tidak berjalan seperti yang kita harapkan dan tampaknya masalah membuat kita menangis, kita tidak perlu khawatir karena akan ada hari-hari yang lebih baik. Setiap baris dibawakan dengan baik dan melodinya yang manis mudah didengarkan.

Lagu ini mengejutkan banyak orang karena SuperM sendiri sering membawakan lagu yang kuat dengan tarian yang dinamis seperti “Jopping” yang merupakan lagu debut mereka di tahun 2019. Namun, Taemin, Baekhyun, Kai, Taeyong, Ten, Mark, dan Lucas berhasil menyampaikan pesan lagu ini melalui suara mereka baik dalam vokal maupun rap. Selain itu, lagu ini dibawakan oleh SuperM sebagai partisipasi dalam Acara Besar WHO untuk Kesehatan Mental yang diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2020.

Secara keseluruhan, Better Days adalah lagu bagus yang mewakili apa yang dirasakan banyak orang dan dapat menghibur serta menemani kita jika kita mulai merasa sedih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi