Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS IPA: Kenaikan Air pada Gelas Ukur

Baca di App
Lihat Foto
Education.com
Kenaikan air pada sebuah gelas yang diisi batu, jika gelas diganti dengan gelas ukur maka hal menarik dalam fisika dapat diukur dengan jelas.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Menghitung volume benda seperti balok, bola, limas, dan silinder adalah hal yang mudah karena bisa melihat rumus dan tinggal menghitungnya.

Tapi menghitung volume benda dengan bentuk tidak beraturan tidak bisa menggunakan rumus, sehingga digunakan volume air untuk mengetahuinya.

Lalu bagaimanakah cara menghitung volume dan massa jenis benda dengan bentukyang tidak beraturan? Serta bagaimana menghitung penambahan ketinggian air jika dimasukkan bola kedalamnya? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak pembahasan kedua soal berikut!

Soal dan Pembahasan

1. Sebuah gelas ukur diisi air sampe 30 ml, benda dengan massa 20 g dimasukkan kedalam gelas ukur sehingga permukaan air naik menjadi 35 ml. kesimpulan dari eksperimen tersebut adalah…

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Massa Jenis dan Hukum Archimedes

Jawaban:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Sebuah benda dimasukkan kedalam air menaikkan ketinggian permukaan air tersebut

Volume dan massa jenis benda tersebut dapat dicari dengan cara membagi massa benda dengan selisih volume air dalam gelas ukur tersebut.

 

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan massa benda

Satuan internasional massa jenis adalah kg/m^3 sehingga hasil diatas harus dikalikan dengan 1000, maka massa jenis benda tersebut adalah 4 g/cm^3 dengan volumenya sebesar 5 cm^3.

Baca juga: Penerapan Massa Jenis dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Kedalam tabung berisi air setinggi 30 cm dimasukkan 6 bola yang masing-masing berjari-jari 7 cm. Jika diameter tabung adalah 28 cm, maka tinggi air setelah dimasukkan bola adalah…

Jawaban:

Menurut Archimedes kenaikan tinggi air saat dimasukkan suatu benda, berbanding lurus dengan volume benda tersebut. Sehingga terlebih dahulu kita harus memperhitungkan volume benda yang dimasukkan kedalam tabung:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan volume bola dan volume air

Maka volume total setelah bola dimasukkan kedalam tabung adalah total volume bola ditambah volume awal air = 8.623,98 + 18.480 = 27.103,98 cm^3. Ketinggian air setelah dimasukkan 6 bola dapat dicari menggunakan rumus volume tabung:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan ketinggian air akhir

Maka, ketinggian akhir air berada pada 43,99 cm atau dapat dibulatkan menjadi setinggi 44 cm.

 Baca juga: Tekanan Zat: Pengertian dan Jenisnya

(Sumber: Kompas.com/[Risya Fauziyyah] I Editor: [Rigel Raimarda])

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi