Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-Macam Vitamin yang Larut dalam Lemak

Baca di App
Lihat Foto
UNSPLASH/wenping wang
Telur yang mengandung vitamin B12, vitamin D, dan zinc bermanfaat untuk menaikan mood
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Vitamin adalah salah satu mikronutrien atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil.

Pada umumunya larut dalam air, namun ada empat vitamin yang hanya dapat larut dalam lemak. Untuk mengetahui vitamin apa saja yang larut dalam lemak dan fungsinya, marilak kita simak penjelasan berikut ini!

Soal dan Pembahasan

Sebutkan macam-macam vitamin yang larut dalam lemak!

Jawaban: Vitamin A, D, E, dan K adalah vitamin yang larut dalam lemak, sisa vitamin lainnya larut dalam air.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin A

Vitamin A atau retinol berfungsi untuk memelihara kesehatan mata, repoduksi, gigi dan tulang, serta kekebalan tubuh.

Vitamin A bersumber dari susu, telur, sayuran berwarna hijau, oranye, dan kuning. Dilansir dari World Health Organization, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan.

Vitamin A dapat ditemukan dalam daging, ikan, susu, telur, yoghurt, wortel, paprika merah, bayam, papaya, dan manga.

Kekurangan vitamin A akan membuat mata dan kulit penderitanya kering, kemandulan, pertumbuhan yang terhambat, luka yang sulit sembuh, dan munculnya jerawat.

 

Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk penyerapan kalsium, pertumbuhan tulang, gigi, dan menjaga kadar kalsium serta fosfor dalam darah.

Dilansir dari Medical News Today, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rambut rontok, luka sulit sembuh, kelainan bentuk tulang, masalah autoimun, kompilkasi kehamilan, dan memicu kanker payudara serta usus besar.

Vitamin D bersumber dari tuna, salmon, kuning telur, keju, hati, sereal, vitamin D juga dapat dibuat sendiri dalam tubuh dengan bantuan vitamin D.

Vitamin E

Vitamin E berfungsi berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dan mencegah penuaan, juga membantu dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin E bersumber dari minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan sereal.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kerusakan saraf dan otot menyebabkan penderitanya sulit berjalan, otot menjadi lemah, sulit mengontrol anggota gerak tubuh.

Kekurangan vitamin E juga menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh menyebabkan penderitanya mudah terserang penyakit.

Vitamin K

Dilansir dari Office of Dietary Supplements, vitamin K berfungsi sebagai koenzim pada proses pembekuan darah, metabolisme tulang, dan membantu kerja protein pada otot, darah, tulang, dan tulang rawan.

Vitamin K dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam, minyak sayur, minyak canola, natto (makanan tradisonal jepang), dan sereal gandum.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pendarahan yang sulit dihentikan, terhambatnya perkembangan tulang, osteoporosis dan resiko penyakit kardiovaskular.

Karena keempat vitamin tersebut hanya larut dalam lemak dan tidak larut dalam air, kelebihan vitamin tersebut tidak bisa dikeluarkan melalui urin atau feses.

Hal ini menyebabkan kelebihan vitaminnya akan emenumpuk dalam tubuh dan berubah menjadi racun. Misalnya kelebihan vitamin A dapat menjadi racun dalam tubuh, dan dapat mengakibatkan cacat janin pada wanita hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi