Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Reproduksi pada Tumbuhan Gymnospermae (Biji Terbuka)

Baca di App
Lihat Foto
dosenpendidikan
Biji pinus merupakan contoh dari sifat biji terbuka.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Sebuah bakal buah adalah tempat berlindungnya sebuah biji. Namun untuk tumbuhan gymnospermae tidak memiliki hal tersebut. Bagaimanakah cara reproduksi tumbuhan gymospermae? Mari simak pembahasan nya berikut.

Soal dan Pembahasan

Bagaimana cara reproduksi pada tumbuhan gymnospermae?

Jawaban:

Sama seperti angiospermae, gymnospermae juga melakukan reproduksi aseksual dan seksual secara berkesinambungan untuk dapat bereproduksi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fase Aseksual

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Sporofit pada tumbuhan Gymnospermae

Reproduksi gymnospermae dimulai dengan fase aseksual yaitu pembentukan sporofit bersifat diploid yang mengandung dua set kromosom lengkap.

Sporofit gymnospermae terdiri dari 2 jenis, yaitu sporofit betina yang berukuran besar juga bulat dan sporofit jantan yang lebih kecil dan menempel pada sporofit betina.

Baca juga: Gametogenesis pada Tumbuhan Biji Terbuka (Angiospermae)

 

Fase Seksual

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Siklus reproduksi pada tumbuhan Gymnospermae

Kerucut sporofit jantan mengandung mikrosporangia yang kemudian membelah secara meiosis untuk menghasilkan gametofit jantan.

Pada pembelahan meiosis tersebut mikrosoprangium diploid membelah menghasilkan 4 mikrospora haploid yang kemudian berkembang menjadi serbuk sari jantan.

Kerucut sporofit betina mengandung megasporangia yang kemudian membelah secara meiosis untuk menghasilkan gametofit betina. Pada pembelahan meiosis tersebut terjadi di kerucut ovulasi dan menghasilkan 4 megaspora haploid.

Dilansir dari Lumen Learning, 3 megaspora yang dihasilkan menjadi struktur archegonium sedangkan hanya 1 megaspora yang menjadi gametofit betina atau endosperm.

Dilansir dari Biology Discussion, struktur archegonia terdiri dari satu sel telur dan sel saluran ventral.

Baca juga: Pembelahan Meiosis dan Tahapannya

Pada umumnya tumbuhan gymnospermae menggunakan bantuan angina dalam penyerbukannya.

Angin akan membawa serbuk sari jantan kearah gametofit betina dan masuk melalui celah mikrofil bakal biji gametofit betina. Sel sperma serbuk sari kemudian bersentuhan dengan sel telur dan terjadilah pembuahan.

Dilansir dari ck12, setelah pembuahan berlangsung terbentuk zigot diploid dalam bakal biji. Zigot tersebut kemudian berkembang menjadi embrio sporofit dengan makanan dari jaringan gametofit betina.

Embio kemudian berkembang menjadi sporofit yang baru dan akan disebarkan oleh angina ataupun burung untuk kemudian berkembang menjadi individu baru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi