Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Siklus Sel

Baca di App
Lihat Foto
National Human Genome Research Institute Home
Serangkaian siklus sel.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Siklus sel merupakan serangkaian peristiwa pembelahan sel, namun mengapa siklus tersebut sangat penting bagi makhluk hidup? Mari cari tahu pembahasan nya berikut!

Soal dan Pembahasan

1. Mengapa siklus sel sangat penting bagi makhluk hidup?

Jawaban:

Siklus sel atau pembelahan sel pada makhluk hidup sangatlah penting karena membentuk sel baru pada tubuh untuk makhluk hidup tumbuh dan berkembang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada organisme aseksual, pembelahan sel sangat penting untuk reproduksi karena tidak bisa bereproduksi secara seksual. Pembelahan sel digunakan untuk memperbanyak organisme aseksual dan mempertahan kelestariannya dialam.

Sedangkan bagi organisme mulltiseluler bertujuan untuk memperbanyak sel sehingga kita dapat tumbuh tinggi, bertambah berat, dan tumbuh dewasa.

Baca juga: Siklus Sel: Fase Istirahat dan Mitosis

Pembelahan sel juga berfungsi menyembuhkan sel yang rusak. Saat terluka sel akan rusak sehingga pembelahan sel berperan menutup luka tersebut dan membuat kita sembuh.

 

2. Siklus terpanjang pada siklus sel adalah…

Jawaban: Interfase atau fase G1

Dilansir dari Lumen Learning, interfase adalah fase terpanjang dalam siklus sel yang menyita durasi 90% dari total keselurahan waktu siklus sel. Jika satu siklus sel mamalia menyita waktu sebanyak 24 jam, maka interfase menyita waktu sebanyak 20 jam.

Interfase membutuhkan waktu yang sangat lama karena merupakan fase persiapan yang terdiri dari 3 tahapan yaitu fase G1, G2, dan S.

G1 mengambil waktu yang sangat banyak yaitu sekitar 10 jam, karena G1 merupakan fase dimana sel mengalami pertumbuhan primer dimana sel membesar dan organel-organelnya disalin.

Baca juga: Tahap-Tahap Mitosis Sel

Pada fase G1 juga enzim dan protein untuk replikasi sel disiapkan, dan DNA juga diperiksa apakah ada kerusakan atau tidak. Banyaknya hal yang dilakukan pada fase G1 inilah yang membuatnya menyita waktu paling lama pada siklus sel.

Fase S mengambil waktu sekitar 6 jam untuk mereplikasi semua DNA dalam setiap pasangan kromosom yang dimiliki organisme. Sedangkan fase G1 mengambil waktu sekitar 4 jam untuk sel tumbuh secara sekunder setelah DNA disintesis.

(Sumber: Kompas.com/[Silmi Nurul Utami] I Editor: [Rigel Raimarda])

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi