Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Kodon Gen

Baca di App
Lihat Foto
National Human Genome Research Institute
Sebuah skema kodon dan antikodon.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Pada pembelajaran tentang RNA, kita pasti mendapatkan istilah kodon dan antikodon. Namun, apa definisi lengkap dan jelas dari istilah itu sendiri? Mari perhatikan pembahasannya berikut!

Soal dan Pembahasan

1. Apakah yang dimaksud dengan kodon dan antikodon?

Jawaban:

Kode genetik memiliki sifat triplet dimana urutan basa nitrogennya selalu dibaca tiap 3 basa nitrogen atau disebut dengan kodon. Tiga kodon tersebut berisi urutan basa yang berbeda-beda dan mengkodekan asam amino yang berbeda pula.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari National Human Genome Research Institute, adalah urutan trinukleotda yang melengkapi urutan kodon pada mRNA. Misalkan kodon CAG mengkodekan asam amino glutamin, maka anti kodonnya adalah GUC yang mengkode asam amino valin.

Baca juga: RNA: Pengertian, Struktur, dan Fungsi


2. Apa yang dimaksud kodon start dan kodon stop? Dan berikan contoh kodon start dan kodon stop!

Jawaban:

Kodon start adalah kodon yang menandai awal dari sintesis protein, sedangkan kodon stop adalah kodon yang menandai akhir dari sintesis protein.

Seperti yang kita ketahui bahwa sintesis protein terdiri dari dua proses yaitu proses transkripsi dan translasi. Kodon start adalah kodon yang paling pertama di transkripsi oleh DNA, dan juga kodon yang paling pertama di translasi oleh tRNA.

 

Dilansir dari News Medical, kodon start adalah 3 basa yang terdiri dari AUG (Adenin Urasil Guanin) yang membentuk asam amino metionin. Jadi, saat mRNA masuk kedalam ribosom dan tRNA mengenali asam amino metianin (Met), proses sintesis protein akan langsung dimulai.

Tidak seperti kodon start yang hanya terdiri dari 1 kodon AUG, kodon stop terdiri dari 3 kodon.

Dilansir dari news-medical.net, 3 kodon stop adalah UAG (amber), UAA (umber), dan UGA (oker) yang ketika tRNA membaca ketiga kode genetik tersebut maka sintesis protein akan dihentikan.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Perbedaan DNA dan RNA

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Kode genetik asam amino

Dari table terlihat adanya 3 tulisan stop tanpa dituliskannya asam amino, hal ini karena ketia kodon stop tersebut kosong dan tidak mengkodekan asam amino apapun atau biasa disebut dengan kodon nonsense.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi