Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wirausaha Kerajinan dengan Obyek Budaya Lokal

Baca di App
Lihat Foto
Dok. SHUTTERSTOCK/aiko_koni
Ilustrasi kerajinan anyaman khas Indonesia yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berlibur
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat, menuntut semua orang untuk memiliki kreativitas yang tinggi.

Wirausaha menjadi salah satu peluang bagi masyarakat untuk mengaplikasikan kreativitasnya dibidang usaha.

Banyak sekali ide dan jenis usaha untuk dikembangkan, salah satunya budaya tradisional yang ada di lingkungan masyarakat.

Setiap jenis budaya tradisional baik nonbenda dan benda dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua daerah di Indonesia dapat mengembangkan kerajinan khas daerah dengan inspirasi budaya tradisional masing-masing.

Baca juga: Pengertian Kewirausahaan dan Ciri-Cirinya

Kekayaan budaya tradisi Indonesia menjadi kearifan lokal yang dapat dikembangkan menjadi sumber inspirasi yang tidak terbatas.

Budaya tradisonal

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, budaya tradisional dikelompokkan menjadi dua, yaitu

  1. Budaya nonbenda, seperti pantun, cerita rakyat, tarian, dan upacara adat.
  2. Budaya artefak atau obyek budaya, di antaranya pakaian daerah, benda tradisional, senjata, rumah adat, dan masih banyak lainnya.

Kedua jenis budaya tersebut dapat menjadi sumber inspirasi dari pembuatan kerajinan.

Contohnya Tari Belian Bawo dari Suku Dayak Benuaq, setelah diadaptasi menjadi tarian, tari ini sering dibawakan pada acara-acara penerimaan tamu dan acara kesenian.

Baca juga: Jenis Kemampuan yang Diperlukan dalam Kewirausahaan

Upacara, tarian, dan musik merupakan budaya nonbenda. Sedangkan pakaian, perlengakapan upacara, dan alat musik merupakan produk obyek budaya.

Perencanaan usaha kerajinan

Dalam buku Metode Pengembangan Desain Produk Kriya Berbasis Budaya Lokal (2020) karya Amrizal dan kawan-kawan, meski budaya tradisional sudah ada di lingkungan, perencanaan usaha tetap dilakukan.

Kegiatan wirausaha harus melihat ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pendanaan, dan tentunya pasar.

Wirausaha kerajinan yang terinspirasi dari budaya lokal dapat terlebih dahulu melihat potensi bahan baku, keterampilan produksi, dan budaya lokal yang ada di daerah setempat.

Wirausaha dengan budaya lokal ini akan menghasilkan produk-produk kerajinan yang inovatif. Pasar yang dituju tentunya adalah konsumen yang menghargai dan mencintain kebudayaan tradisional.

Baca juga: Budaya Politik: Definisi dan Tipe-Tipenya

Dalam kegiatan usaha, mengatur keuangan juga masuk dalam perencanaan usaha. Karena akan menjamin keberlangsungan dan pengembangan usaha.

Untuk membuat usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal, terlebih dahulu mencari informasi mengenai jenis material khas daerah yang mudah ditemukan dan dibuat oleh pengrajin yang ada di daerah setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi