Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jahit Aplikasi: Pengertian dan Jenisnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Endang (kiri), lansia yang memanfaatkan fasilitas perawatan harian di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (22/8/2019). Ia bersama lansia lainnya belajar menjahit.
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Jahit aplikasi merupakan bagian dari teknik menjahit. Menjahit adalah kegiatan melekatkan atau menyambungkan dua kain dengan menggunakan benang dan jahit.

Jahit aplikasi merupakan teknis menghias permukaan kain dengan cara menempelkan guntingan kain pada kain yang berbeda warna dengan dasar kain.

Kemudian diselesaikan dengan jahit tangan teknik sulam menggunakan tusuk hias feston.

Dikutip dari buku Patchwork & Quilting Untuk Pemula: Berkreasi Dengan Kain Perca (2011) karya Eka Yunita, teknik jahit aplikasi adalah teknik menempelkan kain yang sudah digambar pada kain lain, yang biasa disebut kain dasar.

Melansir jurnal Perca Kaos untuk Tak Remaja Wanita dengan Teknik Jahit Aplikasi (2018) karya Mutamimah, jahit aplikasi adalah seni membentuk gambar dari potongan kain dan ditempel di atas permukaan kain lain dengan menggunakan tangan atau mesin.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan yang digunakan dapat berupa kain polos atau bermotif tergantung desain yang akan dibuat.

Baca juga: Seni Menyulam: Pengertian dan Sejarahnya

Jahit aplikasi cenderung menghias permukaan benda. Sehingga kegiatan jahit aplikasi dapat dikategorikan sebagai kerajinan yang memiliki fungsi hias.

Jahit aplikasi banyak diminati masyarakat sebagai alternatif karya yang menghiasi sebuah benda.

Jenis-jenis jahit aplikasi

Dalam jahit aplikasi ada beberapa jenis yang biasa digunakan ketika akan melakukan kegiatan menjahit dengan teknik jahit aplikasi.

Berikut jenis-jenis teknik jahit aplikasi:

Jahit aplikasi standar adalah teknik paling dasar dan banyak digunakan masyarakat.

Pada teknik tersebut bagaimana kerajinan tekstil dikerjakan dengan cara membuat gambar pada kain, kemudian digunting dan ditempel pada lembaran kain, selanjutnya diselesaikan dengan teknik sulam.

Baca juga: Jenis-Jenis Seni Menyulam

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), jahit aplikasi potong sisip adalah teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan melubangi bagian dasar kain yang telah digambari motif sesuai dengan perencanaan.

Kain yang sudah berlubang pada bagian belakang ditempel kain yang berbeda warna dan diselesaikan dengan tusuk hias feston, bisa juga dengan menggunakan mesin bordir.

Jahit aplikasi potong motif adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara memotong motif yang ada pada kain, kemudian ditempel pada permukaan kain.

Teknik tersebut penyelesaiannya sama dengan jahit aplikasi yang lain.

  • Jahit aplikasi lipat potong

Jahit aplikasi lipat potong merupakan teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan tangan atau mesin.

Cara melipat lembaran kain dipotong sesuai dengan rencana, sehingga hasilnya simetris. Kemudian ditempel pada dasar kain dan diselesaikan dengan tusuk feston.

Baca juga: Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tekstil

Teknik aplikasi biasanya dikombinasikan dengan sulam datar. Teknik ini banyak dijumpai pada produk keset yang dibuat dari perca.

  • Jahit aplikasi pengisian

Teknik jahit aplikasi pengisian hampir sama dengan teknik jahit aplikasi standar.

Di mana pengisian yang dimaksud dengan menambahkan pola lain di atas pola yang telah dibuat pertama kali dengan cara ditumpuk.

Hasil yang didapatkan adalah gambar dengan warna yang berbeda tergantung isiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi