Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Hewan Avertebrata

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi anemon laut yang termasuk filum Cnidarian
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Ada banyak sekali spesies hewan di permukaan Bumi. Kita dapat mengelompokkannya sesuai ciri-ciri atau kesamaannya.

Di dalam kerajaan hewan, hewan dikelompokkan berdasarkan keberadaan tulang belakangnya. Hewan dibedakan menjadi dua yaitu vertebrata dan avertebrata.

Avertebrata atau yang sering disebut invertebrata adalah kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, lebih dari 90 persen spesies hewan yang hidup di Bumi adalah avertebrata yang berdarah dingin dan tidak bertulang belakang.

Ada delapan filum hewan yang termasuk avertebrata. Mereka adalah Porifera, Cnidarian, Platyhelminthes, Nematoda, Mollusca, Annelida, Arthropoda, dan Echinodermata.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Porifera

Porifera adalah filum hewan multiseluler tanpa tulang belakang yang berpori-pori seperti spons dan tidak menunjukkan banyak gerakan. Contoh dari porifera adalah bunga karang, Spongia officinalis, Hippospongia communis, dan Tethya aurantium (jeruk laut).

Cnidarian adalah filum hewan yang berhabitat di air, memiliki tubuh yang simetri, warna yang bervariasi, dan sistem pencernaan yang tidak lengkap. Contoh cnidarian adalah ubur-ubur, hydras, karang, dan anemon laut.

 

 

  • Platyhelminthes

Platyhelminthes atau cacing pipih adalah filum hewan avertebrata yang memiliki simetri bilateral yang lunak dan bentuknya pipih. Hewan Platyhelminthes adalah parasit seperti cacing pita, cacing darah, dan cacing hati.

  • Nematoda

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, nematoda atau cacing gelang adalah filum hewan avertebrata yang lunak, memanjang, dan memiliki rongga tubuh berisi cairan. Tidak seperti cacing pipih yang bentuknya pipih, nematoda berbentuk seperti silinder. Contoh dari nematode adalah cacing kremi, cacing tambang, dan eelworm.

  • Mollusca

Molussca adalah filum hewan avertebrata yang memiliki tubuh lunak. Contoh dari molussca adalah cumi-cumi, keong, kerang, gurita, dan siput.

  • Annelida

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Filum Annelida

Annelida adalah filum hewan avertebrata dengan tubuh lunak yang tersegmentasi, berongga, dan memiliki bulu sikat yang membantunya bergerak. Contoh hewan Annelida adalah cacing laut, cacing tanah, dan lintah.

  • Arthropoda

Arthropoda adalah filum hewan avertebrata yang memiliki kerangka luar tubuh yang tersegmentasi dan ruas-ruas bersendi. Contoh dari arthropoda adalah laba-laba, kalajengking, kutu, tungau, serangga, lipan, kaki seribu, zooplankton copepod, udang, lobster, dan kepiting.

  • Enchinodermata

Enchinodermata adalah filum hewan avertebrata yang memiliki tubuh dengan kulit yang keras dan berduri. Contoh hewan Enchinodermata adalah bintang laut, bulu babi, teripang, dan dolar pasir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi