Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kingdom Animalia

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Ssusan Schmitz
Ilustrasi hewan, binatang
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Jika mendengar istilah kingdom Animalia, kamu pasti teringat tentang binatang.

Betul sekali, kingdom Animalia adalah kerajaan makhluk hidup yang berisi hewan multiseluler yang eukariotik.

Tahukah kamu bahwa kingdom Animalia dibagi lagi ke dalam 10 filum? Simak 10 filum kingdom Animalia dan contoh-contoh hewannya!

Pisces

Pisces adalah kelompok ikan yang bernapas melalui insang. Contoh Pisces adalah berbagai macam spesies ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan hiu, ikan bandeng, ikan kakap, juga kuda laut.

Amphibia

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Cecilians

Contoh Amphibia adalah semua spesies katak, kodok, salamander, dan caecilians. Dilansir dari National Geographic, caecilians adalah amphibia yang tidak memiliki kaki sehingga lebih mirip dengan ular ataupun ulat.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reptilia

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Tuatara

Contoh Reptilia adalah hewan berdarah dingin seperti buaya, alligator, komodo, iguana, kadal, ular, bunglon, tokek, kura-kura, dan tuatara (sejenis kadal dari Selandia baru).

Aves

Contoh Aves adalah bebek, angsa, ayam flamingo, burung unta, kalibri kasuari, burung beo, elang, penguin, pelican, dan spesies burung lainnya.

Mamalia

Contoh mamalia adalah harimau, singa, cheetah, macan, kera, monyet, gorilla, orang utan, kucing, anjing, tikus, paus, kangguru, koala, armadillo, sapi, domba, kambing, paus, dan lumba-lumba.

Porifera

Dilansir dari Marine Species Identification Portal, contoh dari spesies porifera adalah Agelas clathrodes (spons telinga gajah oranye), Agelas conifer (spons tabung coklat), Ircinia strobilina (spons bola merah), dan Tedania ignis (spons api).

Cnidarian

Contoh cnidarian adalah ubur-ubur, hydras, karang, polip, dan anemon laut.

Platyhelminthes

Contoh Platyhelminthes adalah Gyatrix hermaphrodites, Clonorchis sinesis, Schistosoma japonicum, cacing pita babi, cacing pita ikan, cacing darah, dan cacing hati.

Nematoda

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Ancylostoma canium

Contoh dari Nematoda adalah cacing kremi, cacing tambang, filarias, Xiphinema diversicaudatu (parasite pada tumbuhan anggur), Dirofilaria immitis (penyebab gangguan pada jantung), Ancylostoma canium (cacing tambang), Ascaris lumbricoides (cacing gelang raksasa), Angiostrongylus cantonesis (cacing penyebab meningitis), cacing trichina (penyebab penyakit trichinosis).

Molluska

Contoh Molluska adalah cumi-cumi, gurita, sotong, siput air tawar, remis, kerang, cacing kapal, nautilida, dan tiram.

Annelida

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Hermodice carunculata

Contoh Annelida adalah Amythas sp. (cacing tanah Asia), Hirudo medicinalis (lintah yang digunakan untuk pengobatan), Hermodice carunculata (cacing api), Lanice conchilega (cacing pasir mason).

Arthropoda

Contoh dari arthropoda adalah laba-laba, kalajengking, kutu, tungau, serangga, lipan, kaki seribu, zooplankton copepod, udang, lobster, dan kepiting.

Echinodermata

Contoh hewan Enchinodermata adalah bintang laut, bulu babi, teripang, dan dollar pasir.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi