Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Tumbuhan Hidrofit dan Cara Adaptasinya

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock
Ilustrasi teratai
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Jika xerofit adalah tumbuhan yang hidup dalam lingkungan kering, maka hidrofit adalah tumbuhan yang hidup pada lingkungan basah.

Kata hidrofit berasal dari bahasa Yunani hudor yang berarti air, dan phyton yang berarti tumbuhan. Tumbuhan hidrofit hidup pada lingkungan basah seperti danau, kolam, dan rawa.

Tahukah kamu apa saja tubuhan yang termasuk hidrofit? Dan bagaimana mereka bisa bertahan dalam air tanpa membusuk? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini!

Adaptasi Hidrofit

Tahukah kamu mengapa kita tidak boleh terlalu sering menyiram tumbuhan dalam pot? Jika tumbuhan terlalu sering disiram, airnya akan menggenang dan mengakibatkan tumbuhan tersebut mati. Lalu bagaimana tumbuhan hidrofit bisa beradaptasi dengan hidup di dalam air?

Baca juga: Contoh Tumbuhan Xerofit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari Biology Discussion, tumbuhan hidrofit dapat bertahan dalam air adanya lapisan lilin pada lapisan epidermis yang membuatnya resisten terhadap air dan bakteri pembusukan.

Tumbuhan hidrofit memiliki rongga udara (aerenkim) yang melancarkan difusi oksigen serta membantu tumbuhan tetap mengapung.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Aerenkim pada tumbuhan padi

Tumbuhan Hidrofit juga memiliki banyak stomata yang terbuka pada organ tubuhnya yang mengambang untuk mempermudah penguapan air.

Pada organ tubuhnya yang tenggelam tidak ditemukan kutikula, sehingga air tidak dapat masuk ke dalam tubuh tanaman.

Contoh Tumbuhan Hidrofit

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Tumbuhan Hidrofit

Dilansir dari Easy Biology Class, contoh tumbuhan hidrofit adalah lotus, lemna, salivina, einchhornia, hydrilla, bakau, eceng gondok, padi, rhizophora, cattails, bunga lili, dan selada laut.

Kemudian juga Symphyotrichum subulatum (aster rawa asin), avicennia (tumbuhan api-api), tanaman bunga ceratophllum, tumbuhan bunga Lysmachia maritima, tumbuhan karnivora bladderworts, dan wolffia (tumbuhan bunga terkecil di Bumi).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi