Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Air Bagi Kehidupan

Baca di App
Lihat Foto
Davide Restivo/CC 2.0
Ilustrasi air
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Air adalah hal yang mendasari kehidupan di Bumi. Para ilmuwan bahkan mengikuti jejak keberadaan air pada planet-planet di luar angkasa untuk mencari kehidupan lain selain Bumi.

Lalu apakah yang membuat air begitu penting bagi kehidupan? Untuk mengatahui jawabannya, simaklah penjelasan di bawah ini tentang fungsi-fungsi dari air!

Air adalah Pelarut Universal

Kehidupan membutuhkan pelarut yang bisa melarutkan berbagai zat. Dilansir dari Harvard University, air merupakan molekul polar yang dapat berikatan dengan polar lain dengan sangat mudah.

Air dapat berikatan dengan zat polar yang asimetris, masuk kedalam ruang antarmolekul dan memecahan ikatannya, lalu melarutkan zat tersebut di dalamnya.

Baca juga: Fungsi Air dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifatnya sebagai pelarut universal membuat air dapat membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh makhluk hidup.

Selain itu, air juga membantu mengeluarkan limbah kotoran, keringat, dan racun dari tubuh, juga melarutkan obat agar bisa diserap oleh tubuh yang sakit.

Mempertahankan Struktur Tubuh

Dilansir dari dari Harvard University, air mengisi sel dan menciptakan tekanan yang berlawanan dengan gaya eksternal sehingga bentuk sel menjadi tetap.

Terlihat pada gambar, sel dengan air yang cukup (hydrated cell) struktur sel tetap tanpa terganggu gaya eksternal. Namun jika sel kekurangan air (dehydrated cell), sel tidak dapat mempertahankan bentuknya sehingga keriput dan mengganggu proses biokimia dalam tubuh makhluk hidup.

Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi air bersih
Diserap Tumbuhan

Tahukah kamu mengapa air dari akar tumbuhan bisa naik ke daun pada pohon yang sangat tinggi? Air dapat naik ke pohon yang sangat tinggi karena gaya kohesinya yang kuat.

Gaya kohesi air memberikan tegangan permukaan sehingga air terus-menerus naik dalam kapiler tumbuhan hingga ke bagian tertinggi pohon.

Tanpa air, tumbuhan yang tinggi tidak akan bertahan hidup karena nutrisi dari tanah tidak bisa naik ke bagian atas pohon.

Air juga dibutuhkan untuk proses fotosintesis tumbuhan. Jika tidak ada air, tumbuhan dapat mati dan akan terjadi kepunahan makhluk hidup.

Menstabilkan Suhu

Dilansir dari Lumen Learning, ikatan hidrogen molekul air dapat menyerap dan melepaskan panas sehingga dapat menstabilkan suhu.

Hal ini menyebabkan air dapat menyeimbangkan suhu tubuh makhluk hidup agar sel tetap dapat bekerja dalam kondisi maksimal.

Baca juga: Syarat Air yang Layak Dikonsumsi

Pada ekosistem yang dingin seperti kutub ataupun danau saat musim dingin, air akan membentuk struktur kaku (es) dan melindingi bagian bawahnya.

Hanya air pada permukaan saja yang akan membeku, sedangkan air di dalamnya akan tetap cair ikan-ikan masih bisa hidup di dalamnya.

Fungsi Biologis Lainnya

Air memiliki fungsi biologis lain dalam tubuh manusia dan hewan seperti membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, membantu pencernaan dengan membentuk air liur, berbagai macam kelenjar sekresi, dan mencegah sembelit.

Air juga berperan penting dalam pembentukan energi, pembentukan protein dalam tubuh, juga melawan berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Begitu banyaknya fungsi air dalam kehidupan, sehingga manusia bisa mati jika tidak minum air dalam rentang waktu tiga hari saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Lumen Learning, Science in The News
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi