Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interaksi yang Terjadi Antara Manusia dan Lingkungan Alamnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/FARIDA
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi saat mengikuti gerakan membersihkan Sungai Cilamaya di Cibatu, Purwakarta, Senin (28/10/2019).
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Manusia adalah makhluk yang sangat bergantung pada alam. Tanpa alam yang mendukung, manusia tidak akan hidup dan berkembang.

Kebutuhan tinggal, makan bahkan teknologi hingga hari ini masih bergantung pada alam. Setiap hari, kita pasti berinteraksi dengan alam.

Interaksi manusia dengan lingkungan alam

Beberapa contoh interaksi manusia dengan alam di antaranya:

Pemanfaatan sumber daya alam

Dilansir dari The Open University, pemanfaatan sumber daya alam adalah interaksi manusia dalam menggunakan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sumber daya ini dapat berupa sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kegiatan untuk Memperbarui Sumber Daya Alam

Contoh pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah pengeboran batu bara, minyak dan gas bumi. Minyak dan gas bumi digunakan sebagai bahan bakar kedaraan, gas elpiji untuk kebutuhan rumah tangga, sumber energi bahkan pembangkit listrik.

Contoh pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah penggunaan air untuk kebutuhan sehari-hari, penggunaan sinar Matahari, energi angin, dan uap panas bumi untuk pembangkit listrik. Manusia juga bernafas dari oksigen yang dihasilkan oleh fotosintesis tumbuhan.

Selain pemanfaatan sumber daya abiotik, manusia juga memanfaatkan sumber daya biotik dari alam. Contohnya adalah manusia mendapatkan makanan dengan cara memakan makhluk hidup lain berupa tumbuhan dan hewan.

Manusia juga memanfaatkan kayu untuk membuat rumah dan perabotan, menggunakan tanaman herbal untuk membuat obat, melakukan pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada alam. Contohnya adalah pembukaan lahan perkebunan yang berlebihan sehingga menyebabkan kebakaran hutan dan hutan gundul, dan juga penangkapan ikan yang berlebihan.

Dilansir dari National Geographic, pada tahun 2003 terjadi penangkapan ikan berlebihan yang membuat pengurangan populasi ikan sebanyak 10% di Dunia. Eksploitasi berlebihan seperti ini dapat menganggu rantai makanan dan menyebabkan kepunahan.

Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam dalam Bidang Ekonomi

Produksi limbah

Produksi limbah adalah interaksi antara manusia dan alam yang bersifat negatif. Kegiatan manusia dapat menghasilkan berbagai macam polutan yang dalam berbagai bentuk seperti asam hitam, limbah kimia, sampah plastik, sampah organik, bahkan zat radioaktif yang dibuang ke lingkungan.

Limbah tersebut memberikan dampak buruk pada lingkungan alam membuatnya tercemar dan melukai makhluk hidup di dalamnya.

Perlindungan alam

Perlindungan alam adalah interaksi antara manusia dan alam yang menguntungkan. Produksi limbah menyebabkan rusaknya alam, sehingga perlindungan alam dilakukan untuk memperbaiki lingkungan yang tercemar.

Contoh dari interaksi perlindungan alam adalah daur ulang sampah, penghijauan hutan, pencegahan erosi pantai, dan penggunaan energi ramah lingkungan.

Baca juga: Mengelola Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan

Jika manusia terus menggunakan alam tanpa memeliharanya, alam akan rusak dan tidak bisa lagi menyediakan kebutuhan manusia.

Sehingga kita harus mulai melindungi alam, dimulai dengan menanam tumbuhan di halaman rumah, tidak membuang sampah sembarangan, dan mengurangi penggunaan plastik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi