Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Polarisabilitas dan Contoh Soal

Baca di App
Lihat Foto
Polarisabilitas
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Gaya London adalah salah satu gaya antar molekul yang terjadi karena keberadaan dipol sesaat. Dipol sesaat akan menginduksi atom sekitarnya dan membuat atom tersebut menempel dengan gaya yang disebut gaya London.

Namun tahukah kamu bagaimana dipol sesaat dapat terbentuk dan apa saja yang mempengaruhi pembentukannya? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak pembahasan berikut ini!

Dipol sesaat terjadi karena polarisabilitas. Polarisabilitas adalah kemampuan molekul untuk membentuk dipol sesaat ketika diinduksi oleh muatan terdekatnya.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, suatu unsur memiliki susunan elektron yang simetris pada lintasan yang berbentuk bola dan memiliki muatan yang netral.

Namun ketika molekul unsur tersebut dilewatkan arus listrik, elektron dalam atom tersebut akan terdistorsi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Gaya Antarmolekul: London, van der Waals, dan Ikatan Hidrogen

Elektron akan mengikuti arus listrik membuat salah satu ujung molekul menumpuk elektron (bermuatan negatif) dan ujung lainnya kekurangan elektron (bermuatan positif). Tidak simetrisnya elektron pada atom membuat atom tersebut berubah menjadi dipol sementara.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Perubahan distribusi elektron karena induksi listrik

Satu atom yang berubah menjadi dipol sementara akan merubah atom-atom di sekitarnya menjadi dipol sementara juga. Hal ini mengakibatkan seluruh molekul dapat berubah menjadi dipol dan menyebabkan gaya london.

Maka dapat disimpulkan polarisabilitas adalah kemampuan mudah tidaknya suatu atom terdistorsi oleh muatan lain.

Ada dua faktor yang memengaruhi polarisabilitas suatu atom yaitu jumlah elektron dan orietasi molekul terhadap medan listrik.

Semakin banyak jumlah elektron suatu atom, maka akan semakin banyak jumlah kulit elektron yang dimilikinya.

Baca juga: Konfigurasi Elektron: Prinsip Aufbau, Larangan Pauli, dan Aturan Hund

 

Hal ini membuat inti atom semakin jauh dengan elektron valensi sehingga semakin sedikit kontrol yang diberikan inti atom. Ini memudahkan atom untuk membentuk dipol sementara.

Kebalikannya, jika jumlah elektronnya sedikit maka semakin sedikit pula jumlah kulitnya. Elektron valensi berada pada posisi yang dekat dengan inti dan sangat terkontrol ini. Hal ini menyebabkan dipol sementara akan lebih sulit dibentuk.

Orientasi molekul terhadap medan listrik dipengaruhi oleh bentuk molekulnya. Dilansir dari Chemguide, molekul dengan bentuk yang asimetris, tipis, dan panjang memiliki polarisabilitas yang tinggi dibanding molekul yang bentuknya simetris.

Hal ini terjadi karena molekulnya asimetris dan elektron dapat bergerak dalam lintasan yang lebih jauh sehingga dipol sesaat lebih mudah terbentuk.

Simak contoh soal polarisabilitas di bawah ini!

Baca juga: Medan Magnet: Menentukan Besar Gaya Lorentz Pada Elektron

Soal:

Molekul yang paling mudah mengalami polarisabilitas terjadi pada molekul yang memiliki…

Jawaban:

Jika jumlah elektron berbanding lurus dengan massa molekul relatif (Mr), maka molekul dengan Mr besar memiliki polarisabilitas yang tinggi. Bentuk asimetris juga mempermudah pembentukkan dipol.

Hal ini berarti molekul berbentuk panjang (lonjong) lebih mudah terpolarisasi dibanding molekul berbentuk bola yang bulat. 

Oleh karena itu, molekul dengan massa molekul relatif besar dan bentuk molekulnya panjang memiliki polarisabilitas yang tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi