Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Kaca pada Termos

Baca di App
Lihat Foto
Remains
Termos digunakan untuk menyimpan air agar bertahan pada suhunya
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Kamu dan teman sekelasmu akan berkemah di gunung. Kamu menyiapkan berbagai macam bahan makanan dan kamu juga ingin membawa coklat panas untuk diminum dalam perjalanan.

Jika ditempatkan dalam botol biasa, coklat tersebut akan menjadi dingin. Sehingga kamu memutuskan untuk memasukan coklat panas tersebut ke dalam termos agar tetap panas.

Tahukah kamu mengapa termos dapat menjaga minuman di dalamnya tetap dalam keadaan panas? Untuk mengetahuinya simaklah materi di bawah ini tentang bagian-bagian termos beserta fungsinya.

explainthatstuff.com Struktur Termos

1. Tutup Termos

Tutup termos biasanya berbentuk sumbat yang berfungsi untuk mencegah air dan udara keluar masuk dari termos. Sehingga tutup termos dapat mencegah perpindahan panas secara konduksi maupun konveksi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2. Bagian Luar Termos

Bagian luar termos berbetung tabung yang dapat terbuat dari plastik maupun logam tahan karat. Bagian luar biasanya kokoh dan dapat melindungi bagian dalam termos.

Selain kokoh, bagian luar termos juga dapat memberikan estetika dimana produsen dapat memberikan warna, gambar, dan merek pada termos.

Baca juga: Perbedaan Suhu dan Kalor

3. Lapisan Kaca Bagian Luar

Dilansir dari Explain That Stuff, lapisan kaca bagian luar pada termos berfungsi sebagai penahan panas secara radiasi dari luar termos. Panas dari luar yang masuk ke dalam termos akan dipantulkan kembali ke luar termos sehingga tidak ada panas yang masuk.

Inilah mengapa termos dapat menjaga minuman tetap dingin, karena tidak ada panas dari luar yang bisa masuk.

4. Ruang Vakum

Ruang vakum adalah ruang hampa yang memisahkan lapisan kaca luar dan lapisan kaca dalam. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ruang vakum ini mencegah transfer panas dari bagian luar termos dan bagian dalam termos dan menyebabkan isolasi termal.

Tidak adanya medium dalam ruang hampa udara menyebabkan perpindahan panas secara konveksi dan konduksi tidak bisa terjadi.

Baca juga: Perbedaan Perpindahan Panas Secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi

5. Lapisan Kaca Bagian Dalam

Ketika membuka tutup termos, kita dapat melihat dinding dalam termos adalah kaca yang reflektif. Sifat kaca yang reflektif, memantulkan panas yang akan keluar dari termos kembali ke dalam termos.

Hal ini menyebabkan panas tidak dapat keluar dan hanya menantul terus di dalam termos.

6. Penyangga

Penyangga berfungsi untuk mencegah bagian dalam termos tetap pada tempatnya tidak bergeser dan tidak pecah karena hentakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi