Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Musik Jazz

Baca di App
Lihat Foto
The Bolden Band, salah satu grup asal New Orleans yang mempopulerkan musik jazz di awal tahun 1900-an
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Musik jazz merupakan jenis musik yang kerap diimprovisasi. Musik jazz dikembangkan oleh orang Afrika-Amerika serta dipengaruhi oleh struktur harmoni Eropa dan ritme Afrika.

Sekitar 1860, musik jazz memiliki istilah gaul Afrika-Amerika, yakni jasm yang berarti energi. Kemudian pada 14 November 1916, surat Kabar New Orleans Times, pertama kali menggunakan istilah jas bands.

Mengutip dari situs American History, dituliskan jika musik jazz merupakan jenis musik yang mengutamakan dan mementingkan unsur improvisasi.

Musik jazz juga bisa mengekspresikan berbagai perasaan dan emosi yang berbeda. Mulai dari kebahagiaan hingga isak tangis.

Tidak hanya itu, musik jazz juga menjadi sarana untuk menyampaikan kebebasan, bagi mereka yang tertindas atau mendapatkan perlakukan yang tidak adil.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah satu ciri khas dalam musik jazz adalah penggunaan terompet sebagai salah satu alat musik, sehingga menjadi gaya tersendiri untuk penyanyi jazz.

Dilansir dari situs University of Mississippi, musik jazz merupakan salah satu musik khas Amerika Serikat, yang berkembang pada awal abad ke-20.

Akar munculnya musik jazz adalah dari tradisi musik rakyat Afro-Amerika. Tradisi musik tersebut meliputi lagu spiritual, lagu karya serta lagu blues.

Baca juga: Sejarah Musik Pop

Dixieland

Musik jazz, ada beberapa gaya yang digunakan dalam bermusik. Dixieland merupakan gaya dalam musik jazz yang paling awal dan paling terkenal.

Dixieland berkembang pesat di New Orleans. Dalam gaya ini, para pemusik jazz akan menggunakan alat musik ansambel kecil, yakni klarinet, terompet serta trombon.

Tidak hanya itu, dalam memainkan sebuah lagu juga diiringi dengan drum, banjo, piano, tuba, serta string bass.

Lihat Foto
GETTY IMAGES
Louis Armstrong
Swing

Gaya selanjutnya adalah gaya swing. Berbeda dengan dixieland, gaya swing menggunakan alat musik ansambel besar dalam memainkan lagu.

Alat musik yang biasanya digunakan adalah saksofon, terompen serta trombon. Sedangkan untuk pengiringnya menggunakan piano, string bass, drum, serta sesekali menggunakan gitar. Dalam musik jazz bergaya swing biasanya banyak improvisasi yang dilakukan. 

Bebop

Bebop atau yang biasa dipanggil Bop, gaya ini menjadi penanda kembalinya musik jazz menggunakan alat ansambel kecil.

Ciri utama dari gaya ini adalah harmoninya lebih kompleks, temponya lebih dan sering cepat, serta garis melodinya tidak terputus-putus.

Gaya dalam musik jazz terus mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan ini didasari dari gaya musik jazz yang pernah ada sebelumnya.

Musik jazz berkembang di Amerika Serikat, tepatnya pada awal abad ke-20.  Daerah New Orleans memegang peran penting dalam perkembangan musik jazz.

Baca juga: Sejarah Musik Klasik

Dapat dikatakan jika musik jazz sebenarnya merupakan perpaduan dari berbagai jenis musik, seperti ragtime, marches, blues, dan jenis musik lainnya.

Pada awalnya musik jazz hanya digunakan untuk menari. Namun, seiring berjalannya waktu orang lebih suka menikmati musik jazz dengan duduk dan mendengarkannya.

Rekaman musik jazz pertama kali dilakukan pada 1917. Begitu rekaman diluncurkan, musik jazz langsung menyebar luas dan berkembang dengan sangat pesat.

Dibalik ketenarannya, ada empat musisi besar yang berperan dalam evolusi musik jazz, yakni Louis Armstrong, Duke Ellington, Charlie Parker serta Miles Davis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi