Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Syarat Menyanyi Secara Vokal Grup

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/ Monkey Business Images
Ilustrasi paduan suara
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Menyanyi merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bernyanyi juga baik untuk kesehatan mental seseorang.

Aktivitas bernyanyi tidak terlalu susah untuk dilakukan, jika memperhatikan berbagai hal. Contohnya adalah teknik pengambilan napas diafragma yang harus benar dan tepat.

Selain itu, dalam bernyanyi juga harus memperhatikan artikulasi atau pelafalan suku kata dari lirik lagu dengan benar dan jelas.

Menyanyi bisa dilakukan oleh satu orang, dua orang atau sekelompok orang dalam bentuk vokal grup. Semuanya memiliki beberapa teknik lanjutan yang agak sedikit berbeda.

Misalkan ketika bernyanyi dalam vokal grup, tentunya harus memperhatikan pembagian suara, agar lagu yang dinyanyikan semakin bagus dan menjadi nilai tambah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain pembagian suara, ada empat syarat yang harus diperhatikan saat sedang bernyanyi vokal grup.

Baca juga: Bernyanyi Unisono: Pengertian, Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia

Aa sajakah itu? Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

Syarat utama yang harus dimiliki oleh semua penyanyi adalah kemampuan bernyanyi yang baik. Teknik vokal ini juga termasuk posisi tubuh yang tepat saat sedang bernyanyi.

Kemampuan teknik vokal ini juga termasuk penguasaan teknik napas yang tepat. Teknik pernapasan dalam bernanyi adalah dengan pernapasan diafragma.

Teknik vokal, misalnya seperti resonansi yang sangat berpengaruh pada keindahan suara grup vokal. Posisi tubuh misalnya berdiri atau duduk juga berpengaruh pada cara pengambilan napas. Khususnya jika saat menyanyi akan mengambil nada tinggi dan cukup lama, maka harus mengatur napas terlebih dahulu.

Teknik vokal dan posisi tubuh memang tidak bisa langsung dikuasai, terlebih lagi jika bernyanyi dalam vokal grup. Namun, semuanya bisa dilatih secara bersama-sama dan perlahan.

Saat sedang bernyanyi, penyanyi sedang berusaha menyampaikan pesan lewat lagunya. Maka dari itu, intonasi serta artikulasi haruslah jelas.

Intonasi yang tepat akan membuat suara vokal grup semakin jernih dan indah untuk didengar. Sedangkan artikulasi berarti pengucapan.

Kedua hal ini menjadi salah satu syarat penting bernyanyi dalam vokal grup, karena tentunya setiap anggota memiliki karakteristik suara yang berbeda.

Jika intonasi kurang baik tetapi artikulasi baik, juga akan berpengaruh pada hasil vokal yang menjadi kurang jernih.

Sedangkan jika intonasi baik dan artikulasi kurang baik, akan berpengaruh pada hasil vokal yang menjadi kurang jelas dan tidak bisa dipahami lirik lagu dan pesannya.

 

 

  • Menyanyi dengan pembagian suara yang telah ditentukan

Dalam vokal grup juga harus ada pembagian suara. Mengutip dari situs Music Notes, ada enam jenis pembagian suara, yakni bass, bariton, tenor, alto, mezzo-soprano serta soprano.

Untuk pembagian suara pria ada bass, bariton, dan tenor. Bass adalah jenis suara pria yang paling rendah. Bariton adalah jenis suara pria yang tidak terlalu tinggi atau rendah. Tenor adalah jenis suara pria yang paling tinggi.

Sedangkan untuk perempuan ada alto, mezzo-soprano, serta sopran. Alto adalah jenis suara perempuan yang paling rendah. Mezzo-soprano adalah jenis suara perempuan yang tidak terlalu tinggi atau rendah. Sopran adalah jenis suara perempuan yang paling tinggi.

Pembagian suara ini juga menjadi syarat dalam vokal grup. Jika pembagian suaranya tepat, maka suara yang dihasilkan akan semakin indah dan merdu.

Baca juga: Macam-Macam Tangga Nada dan Contoh Lagunya

  • Memiliki penjiwaan terhadap lagu yang sedang dibawakan

Penjiwaan juga sangat penting dalam bernyanyi. Penjiwaan terhadap lagu membuat pendengar lebih mudah mengerti pesan yang ingin disampaikan.

Penjiwaan saat bernyanyi dalam vokal grup juga akan membuat pendengar menjadi lebih mengerti tentang pesan dan perasaan yang berusaha disampaikan.

Penjiwaan ini juga sangat dipengaruhi oleh irama dari iringan musik, ekspresi wajah, gerak gerik tubuh, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi