Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aset, Liabilitas dan Ekuitas dalam Ekonomi

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Ilustrasi Perusahaan
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Dalam akuntansi, istilah aset, liabilitas dan ekuitas sudah tidak asing lagi. Ketiga hal ini memegang peranan pokok dalam tata kelola badan usaha.

Tahukah kamu apa itu aset, liabilitas, dan ekuitas? Secara sederhana, aset adalah yang dimiliki. Liabilitas adalah tanggungan atau utang. Sedangkan ekuitas adalah yang didapatkan.

Simak penjelasannya berikut ini!

Aset

Dilansir dari situs Bench Accounting, aset dapat diartikan sebagai sumber daya yang dimiliki dan dikuasai oleh suatu perusahaan. Contoh aset adalah uang kas serta aset berupa bangunan.

Aset berarti jika sumber daya tersebut dimiliki dan memiliki nilai tertentu. Aset dibagi menjadi dua jenis, yakni:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

  1. Aset lancar
    Aset ini biasanya dalam bentuk uang tunai atau segala hal yang bisa ditukar menjadi uang tunai, untuk digunakan dalam waktu dekat. Contohnya adalah uang tunai, inventaris, dan lain sebagainya.
  2. Aset tetap
    Aset ini digunakan untuk menjalankan aktivitas perekonomian perusahaan. Aset ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dijual atau diubah menjadi uang tunai. Contohnya adalah tanah, merk dagang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Akuntansi: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Bidangnya

Liabilitas

Liabilitas merupakan suatu kewajiban yang dimiliki perusahaan, timbul dari kejadian di masa lalu. Contoh liabilitas adalah utang pembayaran pajak serta utang pembayaran gaji.

Kata lain dari liabilitas adalah hutang yang dimiliki perusahaan saat meminjam dana atau bentuk lainnya ke perusahaan lainnya.

Ada dua jenis kewajiban atau liabilitas, yakni:

  1. Kewajiban lancar
    Hutang ini harus dibayar dalam 12 bulan ke depan atau hutang jangka pendek. Contohnya adalah hutang gaji atau upah.
  2. Kewajiban tidak lancar
    Hutang ini harus dalam waktu 12 bulan lebih atau hutang jangka panjang. Contohnya adaah hutang usaha.

Lihat Foto
psphotograph
Ilustrasi uang
Ekuitas

Sedangkan ekuitas adalah hak atau kekayaan yang dimiliki perusahaan. Contoh ekuitas adalah modal serta saham yang dimiliki perusahaan.

Ekuitas juga sering disebut sebagai kekayaan bersih yang dimiliki perusahaan. Biasanya hal ini dilakukan dengan menjumlahkan seluruh aset yang dimiliki lalu dikurangi dengan kewajiban yang harus dibayar, hasilnya adalah ekuitas perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi

Aset, liabilitas dan ekuitas dapat semakin mudah dipahami dengan persamaan dasar akuntansi. Berikut adalah penjelasannya yang mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud): 

Persamaan dasar akuntansi merupakan catatan perubahan aset, liabilitas dan ekuitas atau harta, utang dan modal, yang dikarenakan adanya transaksi.

Bentuk persamaan dasar akuntansi adalah sebagai berikut:

Aset = Liabilitas + Ekuitas atau Harta = Utang + Modal.

Baca juga: Sistem Akuntansi: Definisi, Unsur, dan Fungsinya

Adanya hak yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan selalu diikuti dengan adanya kewajiban pula pada pihak lain. Hal ini akan terus terjadi demikian dan berulang.

Dilansir dari situs Fundbox, persamaan dasar akuntansi ini akan membantu menyeimbangkan neraca milik perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi memperlihatkan jika total keseluruhan aset yang dimiliki perusahaan sama dengan jumlah kewajiban serta ekuitas dari pemegang saham.

Contoh soal dan cara menghitungnya:

Sebuah perusahaan memiliki aset sebesar Rp 14 juta serta ekuitas sebesar Rp 10 juta. Berapakah jumlah liabilitas atau kewajiban yang dimiliki perusahaan?

Aset = Liabilitas + Ekuitas 

Maka cara menghitungnya adalah aset dikurangi ekuitas perusahaan, Rp 14 juta dikurangi Rp 10 juta. Maka liabilitas dari perusahaan tersebut adalah Rp 4 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi