Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Pemerintah dalam Melaksanakan Pembangunan Nasional

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah siswa menunjukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) beserta buku rekening tabungan BRI dalam sosialisasi dan percepatan pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 4, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/8). Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menggelar sosialisasi sekaligus percepatan pencairan dana PIP secara serentak di berbagai kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, agar siswa dari keluarga tidak mampu dapat menggunakan manfaat PIP untuk keperluan sekolah secepatnya. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17.
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional.

Upaya ini bukan hanya dilakukan pemerintah saja, namun juga harus dibarengi dengan kerja sama rakyat Indonesia.

Pelaksanaan pembangunan nasional merupakan upaya untuk meraih tujuan nasional serta cita-cita bangsa seperti yang tercantum dalam Undang-Undang 1945 Alinea IV dan Alinea II.

Menurut Heliarta dalam Buku Pembangunan Nasional (2019), pembangunan nasional merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Pembangunan nasional adalah pembangunan dari, oleh serta untuk rakyat secara nasional. Maka dari itu, masyarakat Indonesia harus turut serta dalam pembangunan nasional.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Indeks Pembangunan Manusia: Konsep dan Dimensinya

Tentunya pembangunan tidak hanya dilakukan dalam ranah ekonomi saja, namun juga dalam ranah sosial dan budaya, politik, pendidikan, pertahanan dan keamanan, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk melaksanakan pembangunan nasional. Apa sajakah itu?

Dilansir dari situs Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), berikut adalah beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional:

Pembangunan manusia 

Pembangunan ini ditujukan untuk memanusiakan manusia. Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup serta daya saing rakyat Indonesia.

Contoh upaya pemerintah dalam pembangunan manusia adalah pemerataan pendidikan, program wajib belajar 12 tahun, serta pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi.

Contoh kebijakan pemerintah dalam pembangunan manusia adalah adanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta adanya kartu prakerja.

Lihat Foto
Arief Budi
Jalan Trans Papua
Pembangunan ekonomi 

Pembangunan ini ditujukan untuk memberikan peluang yang sama kepada setiap rakyat Indonesia untuk memperoleh fasilitas ekonomi yang sama.

Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk meningkatkan sumber daya ekonomi serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Contoh upaya pemerintah dalam pembangunan ekonomi adalah meningkatkan pendapatan masyarakat dan pemberian bantuan ekonomi.

Contoh kebijakan pemerintah dalam pembangunan ekonomi adalah pemberian subsidi gaji atau upah serta pemberian bantuan untuk UMKM, berupa uang tunai ataupun promosi.

Baca juga: Strategi Pembangunan Ekonomi

Pembangunan prasarana 

Sesuai dengan namanya, pembangunan ini ditujukan untuk memberikan bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana kepada masyarakat.

Tujuan dari pembangunan ini adalah memberi bantuan untuk mendukung pembangunan manusia serta bidang ekonomi.

Contoh upaya pemerintah dalam pembangunan prasarana adalah membangun akses jalan dan transportasi umum, agar memudahkan daerah tertinggal untuk bisa mendapat akses ekonomi.

Contoh kebijakan pemerintah dalam pembangunan prasarana adalah pembangunan infrastruktur berupa jalan tol serta menara telekomunikasi.

Pembangunan nasional tidak akan sepenuhnya berhasil, jika masyarakat tidak ikut serta dalam melakukan pembangunan. Lalu, apa yang harus dilakukan masyarakat?

Masyarakat bisa membantu pemerintah dengan taat membayar pajak, menaati peraturan hukum, menjaga fasilitas umum, menggunakan infrastruktur dengan baik, dan lain sebagainya.

Jika masyarakat dan pemerintah bekerja sama dalam pembangunan nasional, maka tujuan utama tersebut akan dapat dicapai dengan mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi