Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengurangi Perpindahan Panas ke Dalam Ruangan

Baca di App
Lihat Foto
DragonImages
Ilustrasi kepanasan
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Saat musim dingin, kita harus menjaga agar ruangan tetap hangat sehingga kita tidak kedinginan. Dan sebaliknya saat musim panas, kita harus menjaga rumah agar tetap sejuk sehingga nyaman untuk ditinggali.

Lalu bagaimanakah cara mengurangi perpindahan panas ke dalam dan luar ruangan? Untuk mengetahuinya marilah kita simak penjelasan berikut ini!

Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, bahwa panas dapat berpindah secara konduksi, konveksi dan radiasi. Dilansir dari BBC, untuk mengurangi perpindahan panas kita harus mengurangi ketiga perpindahan panas tersebut. Caranya dengan menginsulasi rumah untuk menahan perpindahan panas.

Berikut insulasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi perpindahan panas ke dalam ruangan:

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Termogram sebuah rumah, terlihat transfer panas terjadi di dinding dan atap rumah
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggunakan gorden untuk menahan angin panas dan radiasi Matahari. Gorden yang digunakan haruslah berwarna cerah karena cenderung lebih memantulkan panas dan cahaya dibanding warna gelap yang menyerap panas dan cahaya.

Baca juga: Contoh-contoh Pengaruh Kalor pada Benda di Sekitar Kita

Kita juga dapat menginsulasi jendela dengan meminimalkan celah di jendela sehingga udara panas tidak dapat masuk dan keluar. Dilansir dari BBC, penggunaan kaca ganda dengan celah diantaranya juga bisa menghentikan aliran panas secara radiasi.

Dinding rumah terbuat dari material yang bergam, dimulai dari kayu hingga beton. Kamu bisa menginsulasi dinding dengan menempelkan kertas dinding berbahan busa, aerogel, serat seperti kayu dan wol, gypsum juga rami, karena bahan tersebut adalah insulator panas yang baik.

Atap adalah hal paling penting dalam insulasi rumah karena ataplah yang melindungi kita dari paparan sinar Matahari langsung. Gunakan material atap yang merupakan insolator termal seperti fiberglass atau serat seperti kayu dan asbes. Atap seng akan membuat rumah semakin panas karena merupakan konduktor termal yang baik.

AC mungkin adalah pendingin yang praktis, namun membutuhkan listrik dan juga mengemisikan gas CFC yang tidak baik bagi lingkungan. Membuat kolam kecil ataupun air terjun mini dapat mengurangi panas secara konveksi. Air dapat menyerap panas dan memberikan kesejukan bagi ruangan.

Lihat Foto
Lihat Foto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: BBC
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi