Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Vitamin Beserta Sumber dan Manfaatnya

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Pixelbliss
Ilustrasi vitamin C
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Vitamin adalah zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil namun sangat penting bagi kesehatan serta pertumbuhan tubuh. Vitamin ada berbagai jenis dimulai vitamin A, B, C, D, E, dan K. Untuk mengetahui kegunaan vitamin dan sumbernya, yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Dilansir dari Harvard Health Publishing, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, jaringan, dan kulit, pertumbuhan pulang, sistem kekebalan tubuh. Vitamin A bersumber dari hati sapi, udang, ubi jalar, wortel, susu, ikan, mentega, manga, labu, bayam, telur, dan brokoli.

Vitamin B1 berfungsi untuk membantu produksi enzim, metabolisme, menjaga kesehatan kulit, otot, otak, dan sistem saraf. Vitamin B1 didapatkan dari nasi merah, semangka, asparagus, jeruk, telur, kol, gandum hitam, dan susu kedelai.

Vitamin B2 berfungsi untuk membantu metabolisme, menjaga pengelihatan dan kulit, serta pertumbuhan dan perkembangan sel. Vitamin B2 didapatkan dari susu, pisang, telur, ikan, daging, sayuran hijau, dan serealia.

Baca juga: Macam-Macam Vitamin yang Larut dalam Lemak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin B3 berfungsi untuk membantu metabolisme, menjaga kesehatan kulit, sel darah, sistem saraf, otak, sistem pencernaan, dan juga perkembangan sel baru. Vitamin B3 didapatkan dari daging sapi, daging unggas, kentang, jamur, salmon, tuna, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Vitamin B5 berfungsi untuk membantu metabolisme, pembuatan lemak, neutrotransmitter, hormon, dan sel darah merah. Vitamin B5 didapatkan dari kuning telur, tomat, alpukat, brokoli, daging, yoghurt, dan biji-bijian.

Vitamin B6 berfungsi dalam pembentukan serotonin, neutrotransmitter, dan sel darah merah. Vitamin B6 bersumber dari ikan, susu, wortel, kentang, buncis, pisang, daging sapi, ikan, daging unggas, dan semangka.

  • Vitamin B7

Dilansir dari Medical News Today, vitamin B7 berfungsi untuk membantu produksi keratin pada kulit, rambut, dan kuku, serta membantu metabolisme. Vitamin B7 bersumber dari kuning telur, kacang kedelai, kacang almond, bayam, ubi jalar, dan ikan.

  • Vitamin B9

Vitamin B9 berfungsi untuk membantu metabolisme, materi genetik (DNA dan RNA), dan kesetahan rambut serta kulit. Vitamin B9 bersumber dari daging, hati sapi, kedelai, asparagus, kuning telur, dan jeroan sapi.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk memelihara kesehatan sistem saraf, produksi sel darah merah, DNA, dan sel baru. Vitamin B12 bersumber dari susu kedelai, sereal, daging unggas, kerang, dan daging.

  • Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk pembentukan kolagen dan neurotransmitter, metabolisme protein, sistem kekebalan tubuh, dan sebagai antioksidan. Vitamin Cbersumber dari jeruk, bayam, paprika, melon, manga, dan stroberi.

Baca juga: Biografi Christiaan Eijkman, Penemu Vitamin

  • Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk pembentukan tulang, gigi, dan sel darah. Vitamin D bersumber dari susu, hati sapi, telur, minyak ikan, dan paparan sinar matahari.

  • Vitamin E

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan sel. Vitamin E bersumber dari biji bunga matahari, minyak nabati, kiwi, telur, gandum, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

  • Vitamin K

Vitamin K berfungsi penting dalam pembekuan darah untuk menghindari pendarahan dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin K bersumber dari sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan kangkung, labu, peterseli, kedelai, dan asparagus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi