Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saturnus, Planet Bercincin yang Indah

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi cincin saturnus.
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Tata surya kita terdiri dari Matahari sebagai pusat dan delapan planet yang mengitarinya.

Setiap planet dalam tata surya memiliki karakteristik masing-masing dari tampilan hingga strukturnya. Salah satu planet dalam tata surya dikenal dengan planet bercincin.

Tahukah kamu planet apa yang disebut planet bercincin? Jawabannya adalah planet Saturnus. Walaupun tidak hanya Saturnus yang bercincin, namun cincin Saturnus sangatlah besar, megah, dan indah.

Planet Bercincin

Saturunus adalah planet terdekat keenam dari Matahari dan memiliki cincin yang terlihat sangat indah. Saturnus dikelilingi oleh tujuh cincin yang dipisahkan oleh celah-celah.

Cincin yang dimiliki Saturnus terdiri dari Cincin D (cincin utama terdalam yang sangat redup),cincin C(cincin utama yang redup), B (cincin paling terang), A (cincin utama terluar), cincin F, cincin G, cincin E.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Uranus, Planet Petualang Misterius

Masing-masing cncin tersebut bergerak dengan kecepatan dan keterangan yang berbeda-beda. Dilansir dari NASA Solar System Exploration, cincin saturnus terdiri dari butiran es juga serpihan atau pecahan dari komet, asteroid, maupun bulan yang terkoyak oleh gravitasi kuat Saturnus.

Ukuran, Massa, dan Kepadatan

Saturnus adalah planet terbesar kedua dalam tata surya setelah Jupiter. Saturnus memiliki diamter planet sepanjang 58.232 kilometer, yang berarti bahwa Saturnus 9 kali lebih besar daripada Bumi yang kita tinggali.

Dengan ukuran yang sangat besar, Saturnus hanya memiliki massa jenis 0,687 g/cm³ padahal Bumi memiliki massa jenis 5,513 g/cm³.

Bahkan massa jenis Saturnus lebih kecil dari air yaitu 1 g/cm³. Jadi sepertinya Saturnus bisa mengapung di atas air layaknya bola diatas kolam.

Massa jenis Saturnus sangatlah kecil karena sebagian besarnya terdiri dari gas hidrogen dan helium seperti planet Jupiter. Saturnus juga memiliki jarak 1,4 miliar kilometer dari Matahari atau setara 9,5 kali jarak Bumi ke Matahari.

Lihat Foto
NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
Bulan terbesar planet Saturnus, Titan.
Perputaran dan Orbit

Dilansir dari NASA Solar System Exploration, Saturnus mengorbit Matahari dalam bentuk orbit yang elips dengan posisi Saturnus yang miring 26,73 derajat.

Kemiringan saturnus saat berevolusi hampir sama dengan kemiringan Bumi, sehingga Saturnus juga memiliki musim seperti Bumi.

Dengan orbit yang sangat panjang, Saturnus memiliki hari yang pendek yaitu sekitar hanya 10,7 jam dalam satu harinya. Namun satu tahun di Saturnus sangatlah panjang, setara dengan 29,4 tahun di Bumi.

Atmosfer

Hampir mirip seperti Jupiter, Saturnus memiliki atmosfer yang terbuat dari hidrogen dan helium sehingga atmosfernya sangatlah panas.

Baca juga: Kenapa Planet Terlihat Seperti Bintang dari Bumi?

 

Sekitar 75 persen atmosfernya terdiri dari gas hidrogen, 25 persen terdiri dari gas helium, dan sisanya terdiri dari metana serta gas lain yang berbahaya bagi manusa.

Permukaan

Karena terbentuk dari gas hidrogen dan helium, Saturnus tidak memiliki permukaan yang padat seperti Bumi.

Di permukaan Saturnus selalu berkecamuk angin yang sangat kuat, bahkan hingga 4 kali lebih besar dibandingkan angin topan terkuat di Bumi.

Permukaan Saturnus memiliki gravitasi dan medan magnet yang sangat kuat sehingga tekanan pada permukaannya juga kuat dan bisa memecahkan berbagai benda langit.

Jika berdiri di permukaan Saturnus, akan terlihat 82 bulan di langitnya. Dilansir dari NASA Solar System Exploration, 53 bulan Saturnus telah dikonfirmasi sedangkan 29 lainnya masih diteliti oleh para ilmuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi