Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ujung Jembatan Diberi Roda dan Celah

Baca di App
Lihat Foto
@jembatan_pulau_balang
Penampakan Jembatan Pulau Balang setelah tersambung 100 persen.
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Jembatan adalah jalan penghubung yang menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya. Pernahkah kamu memperhatikan bahwa ujung jembatan tidak pernah rapat? Bahkan ada beberapa jembatan yang ujungnya diberi roda?

Tahukah kamu apa fungsi celah dan roda pada ujung jembatan? Untuk mengtahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Jembatan tidak dipasang dengan rapat melainkan diberi celah dan roda agar bisa menyesuaikan diri saat terjadi pemuaian.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pemuaian adalah peningkatan volume material akibat peningkatan suhu pada material tersebut.

Pemuaian terjadi pada semua fasa benda seperti gas, cairan, dan padat. Pada suhu normal, partikel benda akan bergerak dengan wajar dan mempertahankan bentuk awalnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun saat suhu naik, kenaikkan suhu tersebut memberikan energi untuk partikel bergerak dan menyebabkan pertambahan volume.

Baca juga: Pemuaian dan Jenisnya

Jembatan terbuat dari benda padat yang biasanya berupa besi, logam, dan campuran bahan lainnya. Saat siang hari, suhu akan berada pada titik paling panas. Hal ini menyebabkan partikel-partikel besi jembatan bergetar sangat kencang dan menyebabkan besi memanjang.

Kenaikan suhu 1°C dapat membuat besi memanjang sebesar hingga 0,0000035 kali panjangnya semula. Untukmu mungkin ini adalah angka yang sangat kecil, namun peningkatan ini dapat menyebabkan besi jembatan bengkok.

Kebengkokan ini dapat membuat retakan pada aspal, beton, dan konstruksi keseluruhan dari jembatan. Jika terus dibiarkan, jembatan akan rusak pada saat yang tidak bisa diprediksi. Kerusakan jembatan sangat membahayakan bagi manusia yang menumpanginya.\

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Celah dan roda pada ujung serta sambungan jembatan

Pemuaian adalah hal yang pasti terjadi, karena kita tidak mungkin mengontrol suhu pada jembatan yang sangat besar. Sehingga dibuatlah celah pada ujung maupun sambungan jembatan.

Celah jembatan berguna untuk memberikan ruang saat jembatan memuai karena panas. Sehingga pemuaian tersebut tidak merusak konstruksi jembatan dan jembatan aman untuk digunakkan.

Lalu ditambahkan pula semacam roda pada bagian ujung bawah jembatan. Hal ini memungkinkan jembatan untuk memuai dengan lebih mudah sehingga tidak merusak daerah di ujung jembatan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa celah dan roda berfungsi untuk menghilangkan kerusakan akibat pemuaian jembatan yang tidak dapat dihindari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi