Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-Ciri Manusia Wirausaha

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA
Tumijan (40) pemilik toko LaBib di Kemiling, Bandar Lampung mengaku penjualan es krim menambah penghasilan toko kecil miliknya. Bagi Tumijan kestabilan kestabilan listrik menjadi vital karena menyangkut tingkat kebekuan es.
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Kewirausahaan merupakan proses penganalisaan, perancangan serta pengembangan usaha baru untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Orang yang menekuni bidang kewirausahaan sering disebut sebagai wirausaha. Ciri utama yang harus dimiliki seorang wirausaha ialah sikap pantang menyerah dan bisa mengambil risiko.

Menurut Choms Gary Ganda Tua Sibarani, dkk dalam buku Dasar-Dasar Kewirausahaan (2019), pengertian tentang wirausaha bisa dilihat dari dua aspek penting, yakni:

  1. Pengertian wirausaha dari aspek ekonomi:
    Wirausaha merupakan salah satu faktor produksi atau sebagai salah satu Sumber Daya Manusia (SDM).
  2. Pengertian wirausaha dari aspek manajemen (kepemimpinan):
    Wirausaha merupakan pemimpin yang berperan penting dalam tercapainya tujuan organisasi atau lembaga.

Baca juga: Makna Saling Ketergantungan dalam Wirausaha

Ciri-ciri manusia wirausaha

Ada enam ciri manusia wirausaha, menurut Geoffrey G. Meredith. Apa sajakah itu?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepercayaan diri merupakan modal utama untuk memulai sebuah usaha. Jika memiliki rasa percaya diri, hal ini akan menimbulkan optimisme serta sifat tidak mudah bergantung pada orang lain.

Selain itu, rasa percaya diri juga bisa meningkatkan keyakinan dan kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam kewirausahaan, yakni kesuksesan.

Berorientasi pada tugas dan hasil artinya tidak mudah puas dengan apa yang telah dicapai saat ini. Namun, terus berusaha untuk mengembangkan apa yang sedang dijalani.

Hal ini berarti seorang manusia wirausaha selalu mengutamakan prestasi, tekun, bertekad kuat, sabar dan selalu bekerja keras dalam menjalankan usahanya.

Baca juga: Wirausaha Kerajinan dengan Obyek Budaya Lokal

Agar bisa mencapai kesuksesan, seorang manusia wirausaha harus berani mengambil risiko, termasuk kegagalan. Dalam hal ini, risiko juga berarti sebagai konsekuensi yang harus diterima untuk mencapai sebuah tujuan.

Jiwa kepemimpinan harus dimiliki oleh seorang manusia wirausaha. Karena dengan hal ini mereka mau menerima kritik dan saran dari konsumen ataupun pihak lain dalam organisasi. 

Wirausaha yang memiliki jiwa kepemimpinan juga merupakan seorang pelopor dan teladan dalam bidang usaha yang ditekuni, yang selalu berpikiran terbuka, kreatif dan suka berinovasi.

Seorang manusia wirausaha harus mempunyai pemikiran jangka panjang dan tidak cepat puas. Sehingga bisa terus mencari hal baru dan mengembangkannya tanpa takut gagal.

Terus menciptakan hal baru atau orisinal merupakan ciri seorang manusia wirausaha. Artinya tidak mau mengikuti apa yang sedang menjadi tren saat ini, tetapi terus mencari hal baru dengan berpikir kreatif dan berinovasi.

Baca juga: Wirausaha Produk Grafika

Dalam buku yang berjudul Kewirausahaan (2018) karya Mohammad Maskan, dkk, seorang manusia wirausaha juga harus mementingkan kepuasan konsumen atau pelanggan.

Artinya kritik dan saran yang diberikan konsumen selalu dijadikan motivasi untuk terus mengembangkan usahanya dan tidak menjadikannya sebagai penghalang untuk maju.

Seorang manusia wirausaha juga harus berjiwa sosial tinggi. Artinya selalu membantu sesama yang membutuhkan bantuan tanpa berharap imbalan dan pujian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi