Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asam Traumalin: Fungsi dan Perannya

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock.com
Ilustrasi pertumbuhan tanaman
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Tumbuhan memiliki hormon yang mendukung pertumbuhannya, seperti sitokinin, auksin, giberelin, etilen, kalin, dan asam traumalin.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, asam traumalin adalah asam dikarboksilat rantai lurus tak jenuh tunggal dengan ikatan rangkap pada C-2 yang terdapat pada tumbuhan.

Cara kerja asam traumalin dalam menyembuhkan luka pada tanaman adalah dengan membentuk cambium gabus ketika tanaman mengalami luka.

Asam traumalin merupakan hormon gabungan dari beberapa hormon seperti auksin, sitokinin, giberelin, dan juga asam asbisat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam keadaan normal, asam traumalin berbentuk padatan kristal dan tidak mudah larut dalam air. Dilansir dari The Human Metabolome Database, berikut adalah fungsi dan peran asam traumalin:

Fungsi utama dari asam traumalin adalah memperbaiki jaringan yang terluka pada tumbuhan. Cara kerja asam traumalin ini adalah dengan merangsang sel-sel yang ada di dalam jaringan rusak hingga terjadi pembelahan sel lalu asam traumalin akan menutup luka pada bagian jaringan yang sudah rusak.

Baca juga: Apa Itu Etiolasi pada Tumbuhan?

Pada percobaan yang dilakukan pada tanaman sederhana seperti pada ganggang dan tanaman paku, asam traumalin memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan dan mempercepat proses pertumbuhan.

Hal ini terlihat dari pesatnya pertambahan jumlah dari tanaman paku dan ganggang yang digunakan dalam percobaan tersebut. Asam traumalin dibiosintesis dalam tumbuhan dengan oksidasi non-enzmatik.

Asam traumalin mempengaruhi proses pertumbuhan. Walaupun tanaman tersebut tidak terluka, asam traumalin tetap memiliki peranan dalam proses pertumbuhan tanaman. Hal ini karena asam traumalin berperan dalam memperbaiki jaringan pada tanaman.

Pada percobaan ganggang sebagai subyeknya, kandungan protein yang diberikan penambahan asam traumalin menunjukkan peningkatan protein di dalamnya. Meskipun ganggang mengandung ion NaCl.

Hal ini dikarenakan asam traumalin dapat menetralisir berbagai macam stres pada tanaman ganggang, salah satunya stress garam (salt stress).

Baca juga: Manfaat Tumbuhan dan Hewan Terhadap Kehidupan Manusia

Keberadaan asam traumalin berperan penting dalam aktivitas metabolisme ganggang hijau Chlorella Vulgaris karena ganggang hijau Chlorella Vulgaris memiliki kemampuan dalam beradaptasi dan menetralisir berbagai macam stress dari lingkungan sekitar.

Asam traumalin digunakan sebagai perantara sintesis prostaglandin yang merupakan konstituen dari beberapa produk farmasi yang berbentuk gel hal ini karena asam traumalin berperan dalam aktivitas epitelisasi ulang mukosa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi