Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Modal: Definisi, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/vectorjuice
Ilustrasi Pasar Modal
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Pasar modal dapat juga disebut sebagai capital market. Pasar modal menjadi tempat bertemunya investor atau pemodal dengan perusahaan yang membutuhkan modal.

Barang yang diperdagangkan dalam pasar modal bersifat abstrak. Karena yang diperjual belikan ialah dana jangka panjang untuk keperluan investasi.

Apa itu pasar modal?

Definisi pasar modal

Dalam buku Pasar Modal Syariah Indonesia, Konsep dan Produk (2020) karya Ali Geno Berutu, dituliskan jika capital market atau pasar modal merupakan pasar yang kegiatannya memperjual belikan instrumen investasi jangka panjang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instrumen investasi ini biasanya berupa saham, surat utang atau obligasi, reksa dana ataupun bentuk lainnya. Pasar modal tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan investasi, tetapi juga untuk pendanaan perusahaan ataupun institusi lainnya.

Mengutip dari buku Cara Sehat Investasi di Pasar Modal (Pengantar menjadi Investor Profesional) (2008) karya Sawidji Widoatmodjo, pasar modal bisa menyediakan modal dalam jangka waktu panjang dan tanpa batas, sehingga hal ini menjadi salah satu kelebihan pasar modal.

Baca juga: Jenis-Jenis Pasar

Jenis pasar modal

Menurut Mohamad Samsul dalam buku Pasar Modal dan Manajemen Portofolio (2006), pasar modal dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

Pasar perdana merupakan sarana bagi perusahaan atau pihak emiten (penerbit surat berharga) untuk menjual saham atau obligasi ke masyarakat umum, untuk pertama kalinya. Dikatakan pertama kali, karena surat berharga ini belum dicatatkan di Bursa Efek.

Dilansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), harga dan jumlah surat berharga sudah ditentukan terlebih dahulu oleh pihak perusahaan. Maka dari itu, oversubscribed atau kelebihan permintaan bisa terjadi. 

Oversubscribed terjadi saat jumlah permintaan surat berharga jauh lebih banyak dibanding ketersediaannya. Namun, pihak pembeli atau investor bisa membeli surat berharga lainnya di pasar sekunder.

Pasar sekunder meliputi aktivitas jual beli. Berbeda dengan pasar perdana yang hanya melayani aktivitas jual surat berharga saja antara investor dengan emiten. Untuk pesanan surat berharganya tidak ada pembatasan, sehingga para investor bisa bebas membelinya

Transaksi jual beli yang ada di pasar sekunder, terjadi antara investor dengan investor lainnya. Harganya pun mengikuti harga saham di pasaran, yang bisa naik turun sewaktu-waktu. Harga surat berharga ini terbentuk oleh investor melalui perantara efek di Bursa Efek.

Baca juga: Apa Perbedaan Pasar Perdana dengan Pasar Sekunder?

Pasar ketiga disebut pula sebagai Over The Counter atau OTC. Transaksi di pasar ketiga terjadi antara market maker atau anggota bursa dengan investor atau pembeli. Harganya ditentukan oleh anggota bursa.

Dalam transaksi jual beli, market maker akan bersaing satu sama lain untuk menjual surat berharga dengan harga terbaik. Alasanya karena satu jenis saham atau surat berharga bisa dijual oleh lebih dari satu anggota bursa.

Pasar keempat merupakan pasar yang kegiatan jual belinya terjadi antara investor jual dengan investor beli, tanpa menggunakan perantara efek. Jumlah nilai transaksinya sangatlah besar dibanding transaksi jual beli di tiga jenis pasar lainnya.

Biasanya pasar keempat hanya bisa dijalankan oleh para investor besar, untuk menghemat biaya transaksi jual beli. Antara investor jual dengan beli akan bertransaksi langsung lewat ECN atau Electronic Communication Network.

Fungsi pasar modal

Pasar modal memiliki banyak fungsi, baik dalam bidang ekonomi ataupun perekonomian Indonesia. Apa sajakah fungsi pasar modal?

Baca juga: Perbedaan Pasar Konvensional dan Modern

  • Fungsi ekonomi

Fungsi ekonomi pasar modal ialah sebagai fasilitas untuk mempertemukan investor dengan pihak yang memerlukan dana. Kedua pihak akan mendapat keuntungannya masing-masing.

Investor mendapat manfaat dari pembelian surat berharga dan pihak yang membutuhkan dana, akan mendapatkan pasokan dana dari investor. Tidak hanya itu fungsi ekonomi lainnya dari pasar modal ialah:

  1. Tersedianya pembiayaan jangka panjang
  2. Wahana investasi bagi investor
  3. Terbukanya lapangan pekerjaan, ketika perusahaan mendapatkan dana
  4. Pasar modal sebagai sumber penghimpun dana dari berbagai masyarakat
  5. Alternatif investasi bagi para investor, artinya investor bisa memindahkan asetnya dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk mendapat keuntungan lebih
  • Fungsi untuk perekonomian Indonesia

Pasar modal memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia, karena merupakan sarana pendanaan usaha atau pencarian dana serta sarana investasi. Kedua peranan penting ini sangat memengaruhi perekonomian Indonesia.

Contohnya dengan terbukanya lapangan pekerjaan untuk kebutuhan perusahaan serta pendapatan negara bertambah lewat pembayaran pajak.

Tidak hanya itu, pasar modal juga sangat membantu masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya, namun terhalang dana. Adanya pasar modal bisa meningkatkan pendapatan masyarakat lewat dunia usaha.

Contoh pasar modal

Berikut merupakan beberapa contoh pasar modal:

  1. Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX)
  2. Bursa Malaysia atau yang dulu dikenal dengan Kuala Lumpur Stock Exchange (KLSE)
  3. Philippine Stock Exchange atau PSE
  4. Bursa Efek NASDAQ atau NASDAQ Stock Exchange
  5. London Stock Exchange
  6. Japan Stock Exchange Group
  7. New York Stock Exchange
  8. Stock Exchange of Thailand (SET)
  9. Ho Chi Minh City Stock Exchange
  10. Shanghai Stock Exchange
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi