Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ alexkalina
Ilustrasi hyperlink: pengertian, jenis, dan contohnya
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Hyperlink sering digunakan untuk menghubungkan satu file atau dokumen dengan file lainnya. Hyperlink juga sering dipakai untuk menunjukkan lokasi teks ataupun obyek yang sedang diperlihatkan.

Hyperlink bisa dengan mudah ditemui saat kita mencari informasi di laman situs. Dalam penerapannya, hyperlink sering juga disebut sebagai link.

Apa itu hyperlink?

Pengertian hyperlink

Menurut Wahana Komputer dalam buku Desain Web dengan Microsoft FrontPage 97 (2001), hyperlink merupakan teks yang akan menghubungkan page World Wide Web ke World Wide Web atau www.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyperlink memang sering ditemui di laman www atau situs. Namun, sebenarnya hyperlink bisa juga ditemui dalam beberapa program komputer yang memiliki fitur embed atau pencantuman link.

Dalam buku Presentasi dengan Infografis (2019) karya Agus Supriyono dan kawan-kawan, hyperlink atau link merupakan salah satu cara untuk menghubungkan satu bagian di dalam program dengan program lainnya atau halaman web dengan sebuah program.

Adanya hyperlink sangat memudahkan manusia dalam mengerjakan aktivitasnya. Misalnya tidak perlu lagi mengetik secara manual alamat situsnya, tapi cukup mengirimkan link atau mencantumkannya di dokumen yang diinginkan.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian dan Manfaatnya

Jenis hyperlink

Mengutip dari buku Pemrograman Website dengan PHP-MySQL untuk Pemula (2019) karya Rusli, dkk, hyperlink dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Penulisan hyperlink ini dilakukan dengan menuliskan alamat dokumen atau halamannya yang disertai alamat situsnya. Hyperlink ini harus dituliskan dengan menggunakan jaringan internet.

Karena absolute address berarti membuat pintasan atau shortcut baru dari alamat situs tertentu. Biasanya hyperlink jenis ini mudah ditemukan pada situs web yang mencantumkan link pada dokumen atau tulisannya.

Penulisan hyperlink ini dilakukan dengan mencantumkan nama file dan path nya saja. Saat menuliskannya tidak membutuhkan sinyal atau jaringan internet. Relative address sering digunakan dalam sebuah blog atau web. 

Fungsi hyperlink

Berikut beberapa fungsi hyperlink atau link:

  1. Mengubungkan antar dokumen atau file 
    Hyperlink atau link bisa digunakan dalam sebuah pemrograman di komputer. Fungsinya agar saat presentasi atau membuat dokumen, bisa dengan mudah menghubungkannya dengan dokumen lain. 
  2. Memudahkan visitor atau pengunjung web
    Hyperlink atau link juga memudahkan pengunjung web untuk bisa melihat tulisan, video, gambar atau lainnya dalam sebuah tampilan situs yang sama. Sehingga pengunjung tidak perlu mencarinya secara manual, karena bisa langsung membuka link tersebut.
  3. Memudahkan dalam pencarian informasi
    Hyperlink atau link juga bisa memudahkan manusia dalam mencari informasi. Misalnya dengan membagikan link ke orang lain, sehingga orang tersebut juga bisa membaca atau membukanya.

Fungsi hyperlink pada perangkat lunak presentasi yatiy dapat memberikan kemudahan dalam menghubungkan file yang berbeda atau menghubungkan slide pada file PowerPoint dengan cepat, tanpa mencari file atau slide secara manual.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Komputer

Cara membuat hyperlink

Menurut Adhi Prasetio dalam buku Cara Mudah Mendesain Web untuk Pemula (2010), agar bisa membuat hyperlink diperlukan tag <a> serta href atau kepanjangan dari hyperlink reference.

Pencantuman tag dan href akan dilakukan sebelum penulisan nama situs yang diinginkan. Pembuatan hyperlink dengan cara ini bisa diterapkan pada web, program email, bookmark atau pada halaman pemrograman.

Untuk pembuatan hyperlink di program Microsoft Word, Power Point atau Excel juga memiliki caranya masing-masing yang disesuaikan dengan menu di dalamnya. Namun, biasanya menggunakan menu tab "Insert" dan pilih menu hyperlink atau link.

Biasanya saat akan mencantumkan hyperlink di tiga program komputer tersebut akan menggunakan absolute address atau penulisan hyperlink secara lengkap. Agar saat diklik akan langsung terarah ke web atau dokumen yang diinginkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi