Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikhtisar: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Tujuan, Cara Membuat, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengertian dan fungsi ikhtisar
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam suatu teks yang panjang, selalu terdapat gagasan utama yang merupakan inti dari dibuatnya teks tersebut.

Teks yang panjang tersebut dapat dibuat ringkas dalam suatu teks ikhtisar. Ikhtisar atau dalam bahasa inggris disebut summary atau overview merupakan deskripsi yang berisi gagasan pokok dari suatu teks.

Dilansir dari Cambridge Dictionary, ikhtisar adalah deskripsi singkat yang memberikan gambaran umum informasi suatu teks tanpa memberikan rincian.

Ikhtisar bertujuan memberikan gambaran inti tentang suatu teks yang akan atau belum dibaca.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun ikhtisar juga dapat bertujuan untuk menyimpulkan isi gagasan suatu teks yang telah dibaca sebagai pemerjelas, memberikan kesimpulan tentang teks yang telah dibaca.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Fungsi ikhtisar

Salah satu fungsi dari ikhtisar adalah untuk menghemat kata sehingga tidak menggunakan kalimat yang panjang dan berkesar bertele-tele.

Ikhtisar juga berfungsi untuk membantu pembaca memahami dan mendapatkan ide tentang masalah yang dibahas dalam suatu teks.

Ikhtisar juga dapat memengaruhi seseorang untuk membaca teks asli karena merasa penasaran setelah membaca ikhtisarnya.

Ciri-Ciri ikhtisar

Beberapa ciri-ciri ikhtisar dapat dilihat sebagai berikut: 

  1. Mengandung kata-kata yang lugas dan tidak bertele-tele
  2. Menunjukan gagasan inti dari suatu teks
  3. Bisa tidak berurutan namun tidak mengubah isi teks asli
  4. Bebas mengkombinasikan kata dan frasa namun tidak mengubah isi teks asli

Cara membuat teks ikhtisar

Cara membuat teks ikhtisar, yakni: 

Untuk membuat ikhtisar, kita harus membaca teks asli. Teks asli bisa dibaca lebih dari sekali untuk memastikan dan memahami isi teks secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Menyeleksi Ragam Informasi Teks Editorial

Setelah membaca teks asli berkali-kali, kita harus membuat gagasan utama apa saja dan pokok pikiran apasaja yang dimuat dalam teks tersebut. Kita harus tahu pokok permasalahan apa yang ingin disampaikan oleh teks asli tersebut.

Setelah mengetahui pokok masalah yang ingin dsampaikan teks asli, kita dapat mulai menulis ikhtisar.

Ikhtisar ditulis dengan bahasa yang singkat namun lugas, gagasan utama yang ingin disampaikan teks harus disampaikan secara singkat dalam ikhtisar tanpa mengubah maknanya.

Contoh teks ikhtisar

Planet Jupiter adalah planet kelima yang terdekat dengan Matahari dalam tata surya kita. Jupiter adalah planet terbesar dengan diameter mencapai 142.984 kilometer, yang berarti 11 kali lebih besar dari pada Bumi.

Dilansir dari Nasa Solar System Exploration, saking besarnya Jupiter, jika ketujuh planet lainnya disatukan, Jupiter tetap dua kali lebih besar dari gabungan ketujuh planet tersebut. Ukurannya yang sangat besar, membuat Jupiter dapat terlihat dari Bumi. Jupiter terlihat seperti bintang yang sangat terang kedua setelah planet Venus.

Tidak seperti Bumi yang padat dan dapat dipijak, permukaan Jupiter sama sekali tidak padat karena sebagian besar terbentuk dari gas dan cairan. Hal ini menyebabkan kita tidak bisa berdiri di Jupiter, namun akan langsung terjatuh ke dalam intinya.

Karena jauh dari Matahari, Jupiter memiliki suhu yang jauh lebih dingin jika dibandingkan dengan Bumi. Dilansir dari NASA, suhu di permukaan Jupiter adalah -145 derajat celcius, dengan suhu intinya sekitar 24.000 derajat celcius yang bahkan lebih panas dari permukaan Matahari.

Permukaan planet Jupiter memiliki cuaca yang sangat ekstrem dimana badai terus-terus menerus terjadi di permukaan Jupiter. Badai Jupiter disebut dengan bintik merah, berukuran dua kali Bumi dan terus-menerus terjadi tanpa pernah mereda selama lebih dari satu abad.

Badai yang sangat besar tanpa henti, suhu yang sangat ekstrem, dan permukaan yang tidak padat membuat Jupiter tidak bisa ditinggali Manusia. Terlebih lagi gravitasi dan medan magnet Jupiter yang sangat kuat menghasilkan tekanan yang juga sangat besar. Hal ini membuat makhluk hidup sulit tidak akan bisa bertahan hidup di Jupiter.

Baca juga: Perbedaan Teks Anekdot dan Teks Eksposisi

  • Teks ikhtisar

Jupiter adalah planet kelima sekaligus terbesar di tata surya. Saking besarnya, Jupiter terlihat dari bumi sebagai bintang yang terang.

Planet Jupiter tidak dapat ditinggali oleh manusia karena tidak memiliki permukaan yang padat seperti tanah di bumi, bersuhu sangat dingin, memiliki cuaca ekstrim berupa badai yang tidak pernah berhenti, dan juga medan gravitasi serta medan magnet yang terlalu kuat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi