Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sea Squirt, Hewan Penyedot Polutan Plastik

Baca di App
Lihat Foto
intisari.grid.id
Sea Squirt, hewan mungil yang dapat membantu ukur kadar plastik dalam laut.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Penggunaan plastik untuk kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Bahkan sampah plastik sudah mencemari hingga bagian terdalam lautan. 

Plastik merupakan produk yang membutuhkan waktu lama untuk hancur. Dilansir dari International Union for Conservation Nature, 300 juta ton sampah plastik diproduksi setiap tahunnya dan 8 juta ton di antaranya berakhir di lautan.

Sampah plastik yang besar dapat menjerat makhluk laut dan bertanggung jawab atas kematian 100 juta hewan laut setiap tahunnya.

Sedangkan plastik yang terurai akan menjadi partikel yang lebih kecil dan disebut dengan mikroplastik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mikroplastik tersebar keseluruh lautan hingga perairan dalam. Dengan bentuknya yang kecil, mikroplastik dengan mudah masuk ke dalam tubuh makhluk hidup tanpa disadari dan menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian.

Baca juga: 7 hewan Paling Beracun di Dunia

Sea Squit hewan penyedot polutan mikroplastik 

Namun tahukah kamu ada satu hewan laut yang secara alami memabantu membersihkan polutan mikroplastik di lautan?

Hewan tersebut dijuluki sebagai Sea Squit atau penyemprot laut. Sea Squirt atau ascidian adalah hewan laut invertebrate yang berasal dari filum Chordata dan kelompok subfilum Tunicata.

Sea Squirt adalah makhluk soliter atau berkelompok yang banyak hidup di perairan dangkal. Mereka adalah hewan hemaprodit yang berbentuk seperti tabung dengan tubuh yang lunak.

Dilansir dari New College of Florida, sea squirt kerap dianggap sebagai hama karena mengotori tiang dermaga dan juga menempel di lambung kapal.

Hingga akhirnya peneliti asal Israel bernama Gal Vered dari Universitas Tel Aviv, mengemukakan dalam jurnalnya Marine Pollution Buletin, bahwa ascidian (Sea Squit) diam di tempat sepanjang hidupnya dan menyaring air seperti pompa, termasuk mikroplastik di dalamnya.

Baca juga: Kisah Moedjair Menemukan Ikan Mujair

Dilansir dari a-ZzAnimal, Sea Squit mengambil air melalui dua lubang sifon di bagian atas tubuhnya, kemudian melewati faring dan melalui celah insang.

Mikroplastik yang terkandung dalam air ikut tersaring dan disimpan dalam tubuh mereka, mengurangi jumlah polutan mikroplastik di laut.

Selain itu, penyerapan polutan mikroplastik oleh Sea Squit juga dianggap dapat membantu dalam menganilis kadar limbah plastik dalalm suatu daerah di lautan dan bagaimana dampaknya bagi wilayah tersebut.

Menurut Gal Vered, Sea Squit dapat memberikan gambaran tentang apa yang dirasakan oleh terumbu karang dan seluruh ekosistem terhadap mikroplastik selama hidupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi