Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lambang Sila Ke-5: Padi dan Kapas

Baca di App
Lihat Foto
Buku PKN dan Pancasila (2020) karya Ni Putu Candra Prasetya
Padi dan Kapas, Simbol Sila ke-5 Pancasila
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Burung Garuda merupakan lambang negara Indonesia. Burung Garuda berwarna emas ini digambarkan dengan adanya perisai yang terletak di bagian depan sambil mencengkeram pita putih bertuliskan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Perisai yang ada pada Burung Garuda ini melambangkan simbol dari kelima sila Pancasila. Seluruh simbol ini memiliki maknanya masing-masing. Salah satunya adalah sila kelima Pancasila yang dilambangkan dengan simbol padi dan kapas.

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, merupakan bunyi dari sila kelima Pancasila.

Menurut Toni Nasution dalam jurnal berjudul Pancasila dalam Konteks Pendidikan Nilai (2019), padi dan kapas dalam simbol sila kelima Pancasila melambangkan kebutuhan dasar manusia, yakni pangan atau makanan dan sandang atau pakaian.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangan dan sandang ini merupakan salah satu syarat utama untuk mencapai kemakmuran, yang mana hal ini menjadi tujuan utama sila kelima Pancasila.

Pangan artinya kebutuhan konsumsi pangannya terpenuhi, sandang berarti kebutuhan akan pakaiannya terpenuhi.

Baca juga: Lambang Sila Ke-4: Kepala Banteng

Dilansir dari jurnal Representasi Figur Burung Garuda yang digunakan sebagai Lambang Negara (2012) karya Yurica Oentoro, padi bisa digambarkan sebagai simbol kebahagiaan, harapan akan kecukupan pangan dan kelimpahan panen.

Padi menggambarkan makanan pokok masyarakat Indonesia, yakni nasi. Sedangkan kapas sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan kain atau pakaian.

Penggambaran padi dan kapas sebagai simbol sila kelima Pancasila ini, ingin menunjukkan tujuan Bangsa Indonesia, yakni mewujudkan masyarakat yang hidup adil dan makmur.

Jika dilihat dari warnanya, padi berwarna kuning dan kapas berwarna putih dan hijau. Warna kuning pada padi memperlihatkan padi yang siap dipanen.

Warna putih pada kapas melambangkan kedamaian. Sedangkan warna hijau pada kapas menggambarkan kesuburan, kesegaran dan kehidupan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi