Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Japen dan Garantung, Alat Musik Daerah Kalimantan Tengah

Baca di App
Lihat Foto
Youtube/ Utak Atik Otak
[Tangkapan Layar] alat musik Japen, Kalimantang Tengah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Kalimantan Tengah memiliki banyak hutan dan sungai seperti Kapuas, Lamandau, Barito, dan lainnya. Kalimantan Tengah pada dahulunya diduduki oleh penduduk aslinya yang bernama Suku Dayak.

Sidik R. Usop dalam jurnal berjudul Ruang Masyarakat dalam Pemanasan Global dan Perubahan Iklim Kasus Program Redd+ di Kalimantan Tengah (2012), menyebutkan bahwa kelompok etnis Dayak di Kalimantan tengah terdiri atas 83 subetnis Dayak Ngaju, delapan subetnis Dayak Maanyan, 21 subetnis Dayak Lawangan, delapan subetnis Dayak Dusu, dan 61 subetnis Dayak Ot Danum.

Banyaknya Suku Dayak yang tersebar di seluruh Kalimantan Tengah memberikan banyak budaya, salah satunya dalam bidang kesenian.

Kesenian Kalimantan Tengah yang dipengaruhi budaya Suku Dayak dapat dilihat dari alat musiknya. Dua di antaranya adalah:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Japen adalah alat musik tradisional Kalimantan Tengah yang bentuknya menyerupai kecapi, gitar, atau mandolin. Japen adalah hasil akulturasi budaya Suku Dayak dengan pedagang China yang masuk ke tanah Kalimantan Tengah untuk berdagang.

Baca juga: Alat Musik Panting Khas Kalimantan Selatan

Japen terbut dari kayu dan dilengkapi dengan empat buah senar. Bagian badan Japen juga dihiasi dengan ornament khas Suku dayak yang memiliki banyak makna filosofis.

Ketika dawai Japen dipetik, akan menghasilkan nada yang unik namun akan terdengar sedikit mirip dengan musik kebudayaan Tionghoa.

Alat musik garantung adalah alat musik tabuh yang bentuknya mirip dengan gong. Ada dua buah pendapat tentang asal-usul garantung.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada satu pendapat yang menganggap garantung adalah hasil akulturasi budaya Dayak dengan Jawa, namun ada juga yang beranggapan garantung adalah hasil akulturasi budaya Dayak dengan China Selatan (Yunan).

Garantung adalah alat musik yang sakral bagi masyarakat Suku Dayak Ngaju karena merupakan pengiring penting dalam upacara tiwah (upacara kematian).

Baca juga: Ganda, Alat Musik Daerah Sulawesi Tengah

Kadek Sukiada dalam jurnal berjudul Panca Yadna dalam Ritual Keagamaan Hindu Laharingan di Kalimantan Tengah (2019), menyebutkan bahwa upacara tiwah adalah ritual mengantarakan roh atau arwah menuju Lewu Latu (surge dalam bahasa Sangiang) sehingga bisa hidup damai dan tenteram di alam Sang Kuasa.

Dalam upacara tiwah garantung dimainkan dalam ritme yang cepat untuk mengiringi jenazah ke alam lewu watu embari melepas kesialan dan bala bagi keluarga yang ditinggalkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi