Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Suhu di Antartika Sangat Dingin?

Baca di App
Lihat Foto
washingtonpost
Pemandangan dari salah satu stasiun penelitian di Antartika.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Antartika menjadi benua terluas nomor lima di dunia, dengan total luas wilayah mencapai 14 juta kilometer persegi. Antartika juga termasuk dalam tempat terdingin di dunia. Hanya segelintir makhluk hidup yang bisa menahan dinginnya Antartika.

Tidak hanya masuk dalam jajaran tempat terdingin di dunia, Antartika juga sangat dikenal dengan salju abadinya. Suhu terendah di benua ini bisa mencapai minus puluhan derajat, sedangkan suhu tertingginya hanya berkisar belasan derajat saja.

Ada sejumlah alasan mengapa suhu di Antartika sangat dingin. Alasan utamanya ialah karena minimnya pancaran sinar matahari di benua ini, sehingga tidak mengherankan jika suhunya bisa menyentuh angka minus.

Dilansir dari NASA Climate Kids, Antartika tidak mendapat sinar matahari secara langsung dan cukup setiap tahunnya. Posisi matahari selalu rendah di ufuk, bahkan saat musim panas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Mengapa Benua Antartika tidak Berpenghuni?

Ketika musim dingin tiba, posisi matahari akan berada jauh di bawah cakrawala, sehingga tidak akan ada sinar matahari selama berbulan-bulan. Siang yang seharusnya cerah pun, akan terasa gelap dan dingin.

Dikutip dari situs Science Learning Hub, posisi Benua Antartika juga berpengaruh pada dinginnya suhu di benua ini. Antartika terletak sekitar 2.800 meter di atas permukaan laut. Setiap ribuan meter dari atas permukaan laut, suhu Antartika menjadi lebih dingin kira-kira -6 derajat Celcius.

Tipisnya atmosfer di atas Benua Antartika menyebabkan benua ini tidak tertutupi awan. Sehingga ketika sinar matahari cerah menyinari permukaan Antartika, sinar tersebut akan kembali dipantulkan ke atas.

Kata lainnya, tidak ada sinar matahari yang terjebak dan Antartika tetap diselimuti salju dengan suhu dingin.

Alasan terakhir mengapa Antartika sangat dingin ialah karena perairan jauh lebih luas dan banyak dibanding daratan.

Berbeda dengan daratan yang bisa menangkap panas dan menghangatkan suatu daerah, perairan di Antartika hanya membuat benua ini semakin dingin.

Baca juga: Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora dan Fauna?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi