Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan-Hewan Berwarna Pink

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/lifeonwhite
Orchid mantis atau belalang sembah merah muda
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Pink atau merah muda adalah salah satu warna yang paling populer di kalangan wanita. Pink menjadi warna favorit karena terlihat cantik, segar, ceria, dan juga romantis.

Namun tahukah kamu bahwa warna pink juga dimiliki oleh beberapa hewan sebagai warna alami mereka? Berikut adalah hewan-hewan berwarna pink di dunia:

Pari Manta adalah ikan besar yang berbentuk pipih dan lebar dengan insang di bagian bawah tubuhnya. Pari manta selama ini diketahui memiliki warna hitam, abu, putih, atau campuran di antara warna-warna tersebut.

Hingga kemudian ditemukan Pari Manta berwarna pink oleh seorang fotografer bernama Kristian Laine pada tahun 2015.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laine menemukan pari manta berwarna pink di Australia’s Great Barrier reef dan saat itu dia sama sekali tidak bisa memercayai apa yang dilihatnya.

Dilansir dari National Geographic, warna pink tersebut dihasilkan karena mutasi genetik dalam ekspresi pugmen melanin. Sehingga pari manta berwarna pink adalah hewan yang sangat langka.

Baca juga: Mengapa Kecoak Berbau Menyengat?

Orchid mantis atau belalang sembah merah muda ditemukan oleh jurnalis bernama James Hingston di Jawa Barat pada tahun 1879.

Orchid mantis sangatlah indah dengan warna dan bentuk tubuhnya yang unik. Dilansir dari Discover Magazine, orchid mantis memiliki kaki pipih berbentuk hati dan tubuh dengan warna putih dan pink yang menyerupai kelopak bunga.

Flamingo adalah burung berkaki panjang yang menjadi lambang cinta. Flamingo memiliki warna tubuh pink dari mulai kaki, bulu, hingga kulitnya.

Warna pink tersebut didapat dari makanannya yang mengandung pigmen karotenoid. Membuat bulu dan kulit flamingo yang awalnya berwarna abu-abu kusam menjadi pink yang cerah dan cantik.

Roseate Spoonbill adalah burung air lainnya yang berwarna pink selain flamingo. Roseate Spoonbill saat baru menetas memiliki paruh yang kecil dan bulu yang tebal.

Baca juga: Hewan-hewan Terkecil di Dunia

Dilansir dari All About Birds, saat beranjak dewasa, paruhnya berubah menjadi bentuk sendok yang panjang dan besar, bulu di atas kepalanya juga rontok membuat mereka seperti mengalami kebotakan.

Roseate Spoonbill memiliki bulu sayap berwarna pink menyerupai kelopak mawar. Sayap mereka bergradasi dalam warna pink tua dan pink muda yang cantik.

Warna pink tersebut akan semakin cerah saat burung Roseate Spoonbill mencapai umur dewasanya. Seperti halnya Flamingo, mereka juga mendapatkan warna pink dari pigmen karotenoid dalam makanannya.

Tongeret merupakan serangga yang menghasilkan suara sangat keras yang khas. Mereka memiliki warna hijau dan hidup di dedaunan pohon-pohon tinggi.

Dilansir dari Treehugger, seorang ahli entomologi dan mikologi Amerika bersama William Morton Wheeler menyatakan bahwa warna pink tersebut didapat dari mutasi genetik yang jarang terjadi.

Kuda Laut Bargibant, dalam bahasa Indonesia disebut dengan kuda laut kerdil atau kuda laut pygmy adalah satu lagi hewan berwarna pink di dunia. Mereka ditemukan secara tak sengaja oleh seseorang yang tengah mempelajari karang pada tahun 1969.

Baca juga: Sea Squirt, Hewan Penyedot Polutan Plastik

Mereka berbentuk sangat kecil (0,5 hingga 1 inchi) dan menyerupai karang sehingga terlihat menyatu dengan bintil-bintil pada tunas karang. Selain warna pink, kuda laut pygmy bisa ditemukan dalam warna biru dan hijau, sesuai dengan warna karang yang ditinggalinya.

  • Bintang Laut

Bintang Laut merupakan hewan laut yang melimpah yang terdapat hampir di seluruh dunia. Bintang Laut memiliki warna tubuh yang cerah, salah satunya adalah warna pink. Warna tersebut berfungsi sebagai penyamaran dan juga menakut-nakuti predator yang akan memangsanya.

  • Babi domestik

Babi domestik adalah salah satu hewan berwarna pink yang akrab dengan kehidupan manusia. Dilansir dari Treehugger, warna pink tersebut didapat dari produksi eumelanin berlebih dan tidak terjadinya produksi melanin sama sekali pada babi domestik.

Axolotl atau salamander adalah salah satu hewan berwarna pink. Axolotol berbentuk seperti ikan namun memiliki kaki dan insang yang merumbai, mereka sebenarnya tergolong ke dalam amfibi.

  • Lumba-Lumba

Lumba-lumba merupakan hewan cerdas yang ramah terhadap manusia. Beberapa spesies mereka memiliki warna pink yang cantik seperti lumba-lumba yang hidup di perairan lepas Hong Kong dan lumba-lumba sungai amazon.

Baca juga: 7 hewan Paling Beracun di Dunia

  • Lobster Jongkok Berbulu

Lobster jongkok berbulu adalah krustacea kecil yang tersebar di daerah barat samudra indo pasifik. Mereka memiliki tubuh ramping dengan panjang hanya setengah inci. Tubuh tersebut berwarna pink dengan bintil ungu juga bulu-bulu panjang berwarna pink muda.

  • Ngengat Elang Gajah Kecil 

Dilansir dari World Atlas, Ngengat Elang Gajah Kecil adalah serangga bernama latin Deilephila porcellus yang ditemukan di daerah Asia Barat, Afrika Utara, dan Eropa. Mereka memiliki sayap besar berwarna merah muda dengan corak yang cantik serta kemampuan terbang 12 mil perjam yang meankjubkan.

Tubuh ngengat elang gajah kecil dipenuhi oleh bulu-bulu halus yang merupakan perpaduan warna coklat zaitun dan pink. Warna dan corak tersebut membuat mereka dapat bersembunyi secara sempurna di dedaunan pada musim gugur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi