Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kerja Bakti untuk Pelestarian Lingkungan

Baca di App
Lihat Foto
Dok Djarum Foundation
Di Candi Boko para mahasiswa tersebut menanam beragam jenis flora, antara lain 1,350 tanaman perdu dan semak berbunga meliputi Bugenvil, Tanjung, Merak, Soka, serta Kepel.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Kerja bakti adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja bakti adalah salah satu perwujudan nilai gotong royong yang terkandung dalam ideology Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

Dilansir dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan republik Indonesia, gotong royong berasal dari kata “gotong” yang berarti pikul atau angkat dan kata “royong” yang berarti bersama-sama.

Sehingga gotong royong berarti memikul bersama-sama, dan kerja bakti dapat diartikan melakukan pekerjaan bersama-sama sebagai bentuk bakti dalam masyarakat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara-Cara Menjaga Alam

Berikut adalah contoh kerja bakti untuk pelestarian lingkungan!

Kerja bakti membersihkan lingkungan rumah biasanya dilakukan dalam lingkup rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Kerja bakti tersebut dilakukan oleh semua warga dalam lingkup RT dan RW yang bertujuan untuk mencapai lingkungan hidup yang bersih dan asri.

Kerja bakti membersihkan lingkungan biasanya mencakup menyapu jalan, membersihkan gorong-gorong, membersihkan selokan, sungai, dan air yang menggenang, membersihkan halaman rumah, menanam tumbuhan di lingkungan sekitar, dan membersihkan seluruh sampah di lingkungan tersebut.

Seluruh warga juga harus bekerja sama untuk tidak membuang sampah secara sembarangan agar kebersihan dan keasrian lingkungan terjaga. 

Baca juga: Upaya Pelestarian Lingkungan Perairan

Kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan agar sekolah bersih, sehat, dan nyaman untuk belajar dengan kondusif. Kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan oleh semua warga dan pengurus sekolah dari mulai guru, staff, hingga seluruh murid.

Kerja bakti di lingkungan sekolah melingkupi menyapu dan membersihkan ruangan kelas, mengelap kaca jendela, membersihkan saluran air, membersihkan toilet, membersihkan lapangan upacara dan lapangan olah raga, mencuci peralatan ibadah di masjid maupun mushola sekolah, menanam tumbuhan, serta membersihkan papan tulis.

Dilansir dari Encyclopedia, reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang gundul dengan tujuan melestarikan spesies yang terancam punah, mengurangi karbon dioksida di atmosfer, dan merestorasi sumber daya alam yang telah diambil.

Reboisasi tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilaksanakan secara kerja bakti antara masyarakat, pelaku usaha, dan juga pemerintah.

Pohon ditanam secara bersama-sama dengan dana yang bisa bersumber dari ketiga pihak tersebut, penggunaan hutan oleh pelaku usaha harus diatur oleh pemerintah, dan tempat konservasi alam yang dijalankan masyrakat harus mendapatkan dukungan dan perlindungan dari pemerintah.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam di Dataran Rendah

Terumbu karang adalah dasar berdirinya ekosistem laut, namun terumbu karang mengalami ancaman pemutihan atau bleaching.

Dilansir dari National Ocean Service, pemutihan terumbu karang adalah berubahnya terumbu karang menjadi putih dan mati akibat suhu air laut yang naik karena pemanasan global.

Oleh karena itu konservasi terumbu karang dengan cara penanaman kembali harus dilakukan. Konservasi tersebut dilakukan dengan cara kerja bakti, dana konservasi didapatkan dari pemerintah maupun penyumbang, penyiapan terumbu karang dilakukan oleh para aktivis dan ilmuan, penanaman karang dilakukan para penyelam, dan para penyelam diantar ke laut oleh para nelayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi