Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Sosial: Definisi, Penyebab dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/ICO MAKER
Ilustrasi Gejala Sosial
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Gejala sosial dapat mempengaruhi tingkah laku individu dalam suatu masyarakat. Timbulnya gejala sosial di lingkungan masyarakat menjadi salah satu pertanda munculnya masalah sosial.

Secara garis besar, gejala sosial bisa memberikan dampak positif dan negatif. Contoh dampak positifnya ialah muncul modernisasi.

Sedangkan contoh dampak negatifnya bisa memunculkan berbagai permasalahan sosial, seperti pengangguran dan kemiskinan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan gejala sosial?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi gejala sosial

Menurut Soerjono Soekanto dalam Sosiologi: Suatu Pengantar (1999), gejala sosial merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah sosial yang disebabkan oleh lingkungan masyarakat. 

Baca juga: Bentuk Mobilitas Sosial dan Contohnya

Dapat diartikan juga, bahwa gejala sosial adalah fenomena yang ditandai dengan adanya permasalahan sosial dalam masyarakat. 

Mengutip dari Pengantar Sosiologi Politik (2013) karya Elly M. Setiadi dan Usman Kolip, gejala sosial lumrah dijumpai dalam hubungan sosial ataupun interaksi sosial, yang memungkinkan perilaku individu dipengaruhi oleh individu lainnya.

Penyebab dan contoh gejala sosial

Gejala sosial dapat mencakup beberapa aspek yang ada di masyarakat. Misalnya ekonomi, gejala sosial yang muncul ialah adanya beberapa kelompok masyarakat yang tidak mampu mencukupi kebutuhannya, sehingga menimbulkan permasalahan sosial berupa kemiskinan dan pengangguran.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gejala sosial juga bisa menimbulkan dampak positif untuk masyarakat.

Contohnya modernisasi, karena keterbukaan pemikiran masyarakat serta kemampuan individu untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan sosial.

Baca juga: Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya

Apabila dilihat dari penyebabnya, gejala sosial bisa disebabkan oleh dua faktor, yakni:

  1. Faktor kultural
    Adalah nilai yang tumbuh, berkembang dan diterapkan di lingkungan masyarakat. Nilai ini dipengaruhi dan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Contohnya adalah gotong royong atau kerja bakti yang memiliki dampak positif. Contoh lainnya ialah kemiskinan dan perilaku menyimpang yang merugikan masyarakat.
  2. Faktor struktural
    Adalah suatu keadaan di masyarakat yang dapat mempengaruhi struktur. Dalam hal ini, struktur yang dimaksud ialah pola tertentu yang telah disusun masyarakat. Contohnya interaksi sosial dengan orang lain dan adanya penyuluhan sosial.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi