Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Ekonomi: Pengertian dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ilixe48
Ilutsrasi barang ekonomi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Barang ekonomi atau yang dalam Bahasa Inggris disebut economic good merupakan jenis barang yang memiliki nillai kegunaan atau sifatnya terbatas. Oleh karena itu, konsumen harus melakukan pengorbanan agar bisa mendapatkannya.

Menurut Aldila Septiana dalam buku Pengantar Ilmu Ekonomi (Dasar-Dasar Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro) (2016), barang ekonomi merupakan jenis barang yang memiliki kegunaan dan sifatnya langka, karena jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding yang dibutuhkan masyarakat.

Melansir dari situs Economics Help, barang ekonomi berbeda dengan barang bebas atau free good, karena barang ekonomi memerlukan pengorbanan, bisa berupa uang ataupun tenaga, untuk mendapatkannya. Sedangkan barang bebas bisa didapat secara gratis, contohnya udara dan sinar matahari.

Walau harus melakukan pengorbanan, konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk membelinya. Karena dalam hal ini, barang tersebut sangat dibutuhkan konsumen, baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maupun sebagai barang pemuas kebutuhan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Barang Komplementer: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Salah satu contoh barang ekonomi adalah air mineral. Untuk mendapatkan air mineral dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, seperti membangun pabrik di daerah yang dekat dengan sumber mata air, distribusi dari pabrik yang berada di pegunungan ke konsumen dan lain-lain.

Secara garis besar, barang ekonomi dibagi menjadi dua, yakni:

Adalah jenis barang yang langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam jangka waktu lama atau sementara. Untuk mendapatkannya, terkadang konsumen harus melakukan pengorbanan yang tidak sedikit.

Contohnya membeli rumah atau apartemen untuk dijadikan tempat tinggal. Contoh lainnya membeli mobil atau motor sebagai alat transportasi, membeli pakaian untuk digunakan, membeli gadget untuk alat komunikasi, membeli bahan makanan untuk dimasak, membeli lauk pauk untuk dimakan, membeli air mineral untuk minum, dan lain sebagainya.

Adalah jenis barang yang tidak bisa dimanfaatkan secara langsung, karena membutuhkan proses produksi. Contohnya benang dan kain diolah menjadi pakaian, padi diolah menjadi beras, mesin diolah menjadi berbagai perangkat elektronik, ikan diolah menjadi makanan siap konsumsi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa itu Pasar Barang Konsumsi dan Produksi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi