Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Komikus Indonesia yang Karyanya Mendunia

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/pch.vector
Ilustrasi komikus Indonesia yang mendunia
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Komikus termasuk salah satu profesi yang cukup digemari anak muda. Dalam pembuatan komik tentu tidaklah mudah, mulai dari penyusunan visual atau gambar hingga cerita, seluruhnya harus dibuat sebaik mungkin.

Indonesia memiliki banyak anak muda yang menggeluti dunia pembuatan komik atau sebagai komikus. Tidak sedikit karya mereka sudah dikenal masyarakat Indonesia, bahkan mendunia.

Berikut komikus Indonesia yang mendunia: 

Menurut Ridwan Kamil dalam buku Mengubah Dunia Bareng-Bareng (2015), Christiawan Lie atau yang lebih dikenal Chris Lie merupakan salah satu komikus asal Solo, Jawa Tengah, yang karyanya sudah mendunia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komikus ini menggarap komik G.I Joe, yang sangat terkenal di Amerika Serikat.

Baca juga: Reintegrasi Sosial: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Selain G.I Joe, Chris Lie juga membuat serangkaian komik lainnya, seperti Transformer dan Dungeons, serta Dragons Eberron.

Seluruh karyanya sangat dikenal, tidak hanya di Indonesia ataupun di Amerika Serikat, namun hingga seluruh dunia.

Mengutip dari buku 123 Prestasi Indonesia yang Mengguncang Dunia (2015) karya Pena Kreative, Ardian Syaf memiliki daya imajinasi yang luar biasa.

Ia menggarap komik di Marvel serta DC Comics, yang sudah sangat dikenal sebagai penerbit komik paling besar di dunia.

Contoh hasil karya yang pernah digarap olehnya ialah Batman, Superman, Harley Quinn, dan masih banyak lagi.

Ardian dalam menggarap komiknya berperan sebagai penciller atau sebutan bagi para komikus yang menerjemahkan cerita dalam bentuk gambar atau sketsa.

Baca juga: Struktur Teks Hikayat

Alti Firmansyah juga termasuk dalam jajaran komikus Indonesia yang karyanya mendunia. Hampir sama seperti Ardian Syaf, Alti Firmansyah juga menggarap hasil karyanya di penerbit Marvel Comics.

Beberapa contoh hasil karyanya ialah X-Men 92, Thor vs Hulk, The Unbelievable Gwenpool, dan masih banyak lagi.

Iwan Nazif merupakan komikus asal Bukittinggi, Sumatera Barat. Salah satu karyanya yang sangat mendunia ialah How to Train Your Dragon. Selain itu, Iwan juga terlibat dalam proyek pembuatan komik dengan perusahaan Dreamworks.

Selain Alti Firmansyah, Yasmine Putri juga menjadi salah satu komikus perempuan asal Indonesia yang bekerja di Marvel Comics. Melansir dari situs Marvel, beberapa hasil karyanya yang mendunia ialah serial Avengers, Invicible Iron Man, Secret Wars dan masih banyak lagi.

Baca juga: Barang Ekonomi: Pengertian dan Contohnya

Ario Anindito juga menjadi salah satu komikus asal Indonesia yang bekerja di Marvel serta DC Comics. Ia dipercaya untuk menggarap komik Hyperion, Wolverine, serial Star Wars dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Marvel.com
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi