Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Biografi Jurnalistik?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi biografi jurnalistik
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Biografi digunakan sebagai cara untuk mengenal lebih jauh tentang sosok atau tokoh yang ditulis. Umumnya biografi berisikan daftat riwayat hidup dan kisah yang melatarbelakanginya.

Menurut Tri Jayanti, dkk dalam Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Biografi Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP (2015), biografi merupakan tulisan yang memuat kisah hidup seseorang, berasal dari pemikiran, ucapan serta tindakan orang tersebut.

Penulisan biografi membutuhkan kedekatan dengan tokoh yang akan ditulis. Selain itu, pembuat biografi juga harus mengenal lebih dekat dengan tokoh tersebut, karena yang dibahas adalah riwayat hidup dan kehidupannya.

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, biografi atau biography bisa termasuk dalam karya sastra nonfiksi dengan kehidupan individu sebagai subjeknya. Pembuatan biografi bisa bersumber dari bukti yang ada, misalnya bahan tertulis, gambar, lisan atau wawancara dan lain sebagainya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Pola-Pola Pengembangan Teks Biografi

Biografi bisa dibagi menjadi beberapa jenis, contohnya biografi jurnalistik. Apa itu biografi jurnalistik?

Biografi jurnalistik

Melansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, biografi jurnalistik adalah jenis tulisan biografi yang bahan penulisannya berasal dari hasil wawancara, baik dengan tokoh yang ditulis ataupun dengan tokoh pendukung lainnya.

Tokoh pendukung ini artinya adalah kerabat atau pihak yang menjalin kedekatan hubungan dengan tokoh yang ditulis. Misalnya keluarga, sahabat, saudara, atau pihak lainnya yang bisa dipercaya.

Dalam penyusunannya, proporsi hasil wawancara yang dicantumkan dengan tokoh yang ditulis jauh lebih besar dibanding tokoh pendukung.

Karena fokus utamanya terletak pada tokoh tersebut, sedangkan hasil wawancara lainnya dijadikan data pendukung atau tambahan.

Baca juga: Mengungkapkan Sikap Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi

Ciri utama biografi jurnalistik dan jenis biografi lainnya ialah berisikan fakta tentang kehidupan tokoh, tanpa manipulasi atau hal lainnya.

Ciri lainnya adalah penulisan dalam bentuk narasi yang mudah dipahami, sesuai dengan kaidah kebahasaan yang tepat.

Sebenarnya biografi jurnalistik tidak berbeda jauh dengan jenis biografi lainnya. Hanya saja teknik mendapatkan informasinya mirip seperti kegiatan jurnalistik, yakni wawancara dengan tokoh terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi