Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat-sifat Bangun Segitiga Sama Sisi

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ flaticon
Ilustrasi segitiga sama sisi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Segitiga adalah salah satu bentuk geometri dua dimensi yang sering ditemui dalam kehidupan manusia.

Misalnya rambu-rambu lalu lintas, potongan pizza, atap rumah, bahkan paruh burung. Ada empat jenis segitiga, yaitu segitika sama sisi, segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang

Sifat-sifat segitiga sama sisi

Setiap jenis segitiga memiliki sifat-sifatnya tersendiri. Berikut adalah sifat-sifat dari segitiga sama sisi:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti namanya, segitiga sama sisi memiliki tiga buah sisi yang panjangnya sama besar. Misalnya satu sisi memiliki panjang 10 cm, berarti kedua sisi lainnya juga memiliki panjang 10 cm.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Segitiga

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah sudut hasil perpotongan sisi-sisinya. Dilansir dari Math Monks, ketiga sudut tersebut sama besar yaitu membentuk sudut 60º.

Sudut-dudut tersebut dapat terlihat pada gambar yaitu ABC = BAC = ACB = 60º. Sehingga jumlah sudut dalam segitiga sama sisi adalah 3 x 60º, yaitu 180º derajat.

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah simetri lipat. Simetri lipat pertama yaitu saat segitiga sama sisi dilipat mengikuti garis AE, maka kedua sisinya akan simteri (sama besar dan sama bentuknya).

Dua simetri lainnya adalah garis B yang berpotongan dengan titik sentral O dan garis C yang berpotongan dengan titik sentral O.

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah simatri putar. Hal ini berarti jika segitiga sama sisi diputar 90 derajat ke kanan maupun ke kiri, bentuknya akan tetap sama atau simetri.

Baca juga: Cara Menghitung Keliling Segitiga

Titik orthosentral segitiga sama sisi adalah titik sentralnya atau O pada gambar. Dilansir dari Cuemath, orthosentral adalah titik di mana ketiga ketinggian segitiga berpotongan. Yang disebut ketinggian adalah garis yang membentuk sudut siku-siku dengan setiap sisi bidang.

Karena segitiga memiliki tiga sisi, maka ada tiga buah ketinggian di dalamnya. Garis ketinggian tersebut sama dengan garis simetri lipat.

Karena segitiga sama sisi memiliki tiga buah sisi sama besar yang membentuknya. Maka rumus keliling dan luasnya sebagai berikut:
K= a + a + a = 3a

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus luas segitiga sama sisi

Keterangan: 

K= keliling segitiga sama sisi
L= luas segitiga sama sisi
a= panjang sisi
t= tinggi segitiga

 Baca juga: Menentukan Panjang Sisi Segitiga dengan Perbandingan Trigonometri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi