Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat?

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock.com
Kegiatan Gerakan Pramuka Indonesia
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Seragam pramuka identik dengan perpaduan warna coklat muda dan tua. Mulai dari topi hingga bawahan, semuanya berwarna coklat.

Keputusan tentang pemilihan warna coklat sebagai warna seragam pramuka, diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional (Kwarnas) Nomor 174 Tahun 2012 tentang Pakaian Seragam Pramuka.

Surat ketentuan ini dibuat untuk menggantikan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007. Dalam SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 dijelaskan jika warna pakaian seragam pramuka ialah warna coklat.

Warna coklat dipilih sebagai seragam pramuka karena beberapa hal, yaitu: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan utamanya ialah warna coklat menjadi salah satu warna yang paling sering digunakan oleh para pejuang kemerdekaan saat perang kemerdekaan Indonesia (1945 hingga 1949). Pemilihan warna ini bertujuan supaya anggota gerakan pramuka tidak melupakan jasa para pejuang kemerdekaan.

Baca juga: Saka: Pengertian dan Jenisnya dalam Pramuka

Selain warna coklat, dulunya ada warna hijau dan wulung. Namun, akhirnya diputuskan warna coklat menjadi warna seragam pramuka, karena bisa diserasikan dengan warna bendera kebangsaan, yakni Merah Putih.

Pemilihan warna coklatjuga didasarkan pada simbol Tanah Air Indonesia. Warna coklat muda untuk pakaian atasan, melambangkan air yang senantiasa mengalir di lautan atau perairan Indonesia. Sedangkan coklat tua melambangkan warna tanah kita, Tanah Indonesia.

Pemilihan warna coklat pada seragam pramuka juga berkaitan dengan lambang pramuka, yaitu tunas kelapa.

Mengutip dari buku Panduan Wajib Pramuka Superlengkap (2016) karya Jaenudin Yusup dan Tini Rustini, tunas kelapa sebagai lambang pramuka diciptakan oleh Soenardjo Atmodipuro.

Tunas diartikan sebagai generasi penerus bangsa. Sedangkan kelapa melambangkan anggota gerakan pramuka yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

Buah kelapa juga dimaknai bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, harapannya para anggota pramuka bisa selalu beradaptasi.

Baca juga: Mengenal Kode Kehormatan Gerakan Pramuka

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi