Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honey Badger, Hewan yang Tak Mengenal Rasa Takut

Baca di App
Lihat Foto
wikipedia.org/CT Cooper
Honey Badger
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Jika ditanya siapakah hewan yang paling berani dan tak mengenal rasa takut di dunia, hewan apa yang terlintas dalam benakmu? Singa, buaya, hyena, gajah, atau ular?

Hewan-hewan tersebut memanglah hewan berani, namun tahukah kamu bahwa hewan paling berani di dunia adalah honey badger atau musang madu.

Honey badger diberikan predikat sebagai hewan paling tak kenal takut dunia oleh Guinness Book of Record. Bukan tanpa alasan, predikat tersebut diberikan karena honey badger tanpa kenal takut menyerang predator yang bahkan lebih besar dari tubuhnya seperti hyena dan singa.

Honey badger dengan nama latin Mellivora capenis adalah mamalia yang berkerabat dekat sigung, berang-berang, dan luak. Dilansir dari National Geographic, honey badger bertubuh kecil dengan tinggi 9-11 inci dan berat berkisar 13 hingga 30 pon.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honey badger sangatlah agresif terutama saat ia merasa terkejut akan kehadiran predator. Saat terkejut, bukannya mundur, honey badger akan langsung menyerang predator di sekitarnya.

Baca juga: 8 Induk Hewan yang Bersifat Pekerja Keras

Sambil menggeram dan mengeluarkan aroma yang kuat dari kelenjarnya, honey badger menyerang menggunakan gigi dan cakar depannya yang sangat tajam.

Honey badger memiliki bulu pendek dan tebal berwarna hitam dengan garis putih yang memanjang dari kepala hingga bagian bawah punggungnya.

Kulit honey badger sangatlah tebal dan sulit ditembus, tetapi juga longgar. Kulit tersebut membungkus tubuh kecilnya yang kekar karena penuh otot.

Dilansir dari BBC Wildlife Magazine, ketika tertangkap oleh predator, kulit honey badger yang longgar memungkinkannya untuk berputar dan balik menggigit penyerangnya.

Berdasarkan dari Live Science, cakar dan gigi honey badger sangatlah kuat dan dapat mencapai panjang 1,5 inci atau 4 sentimeter. Saking kuatnya, gigi honey badger dapat menghancurkan cangkang kura-kura dan membunuh singa.

Nama honey badger

Dinamai honey badger, karena hewan ini sangat senang mencuri sarang lebah dan memakan madunya. Kulit tebalnya melindungi mereka dari serangan kelompok lebah madu.

Baca juga: Shoebill Stork, Burung Purba yang Masih Hidup Hingga Sekarang

Saking tebalnya kulit honey badger, ketika dirinya berkelahi dengan landak, duri landak tidak akan menacap terlalu dalam.

Honey badger juga memiliki sistem imun yang sangat kuat, membuatnya tidak takut pada kalajengking dan juga ular.

Honey badger kerap kali memburu ular sebagai mangsanya. Ular berbisa mematikan seperti kobra dan black mamba juga tidak bisa menyakitin honey badger dengan bisanya.

Honey badger benar-benar hewan yang tak kenal takut. Mereka berani memangsa anak elang, anak cheetah, berbagai reptil, anak cheetah, dan ular piton.

Mereka bahkan tak segan bertarung dengan hyena, macan tutul, bahkan sekawanan singa betina yang sedang berburu. Dengan keagresifan dan kekuatannya, tidak heran honey badger dijuluki sebagai hewan paling tak kenal rasa takut di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi