Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sediaan Larutan: Pengertian, Jenis, dan Zat Tambahannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi sediaan larutan
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Pernahkah anda mendengar istilah sediaan obat? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sediaan adalah (1) hasil menyediakan, (2) sesuatu yang sudah ada, dan (3) persenyawaan yang telah siap melalui proses kimia.

Dalam ilmu farmasi terdapat berbagai jenis sediaan obat, dimulai dari sediaan padat, sediaan setengah padat, dan sediaan larutan.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, larutan adalah campuran homogen dari dua atau lebih zat, di mana zat yang terdispersi dapat diubah terus-menerus sampai batas kelarutannya.

Sehingga sediaan larutan adalah sediaan dalam bentuk cair yang terdiri dari gabungan satu atau lebih zat kimia yang terdispersi ke dalam pelarut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Departemen Kesehatan RI dalam buku Farmakope Indonesia (1995) menyebutkan bahwa molekul larutan yang terdispersi secara merata dalam sediaan larutan memberikan jaminan keseragaman dosis dan memiliki ketelitian yang baik jika larutan diencerkan atau dicampurkan.

Baca juga: Jenis-Jenis Zat Campuran Berdasarkan Sifatnya

Jenis sediaan larutan

Jenis-jenis sediaan larutan, sebagai berikut:

Larutan oral adalah sediaan cair yang dibuat untuk dimasukkan secara oral (ke dalam mulut). Larutan oral menurut kandungannya dibedakan menjadi dua, yaitu sirop dan eliksir.

Sirop adalah larutan oral yang mengandung sukrosa atau gula lain , senyawa poliol (sorbitol dan gliserin), dan juga zat antimokroba. Adapun eliksir adalah larutan oral yang menggunakan etanol sebagai pelarutnya.

Nora Susanti dalam Sumber Belajar Penunjang PLPG Farmasi/SMK (2017) menyebutkan bahwa larutan topikal adalah larutan yang biasanya mengandung air, tetapi sering kali mengandung pelarut lain seperti etanol dan poliol untuk menggunaan pada kulit.

Adapun larutan topikal yang digunakan pada permukaan mukosa mulut disebut dengan larutan lidokain oral topikal.

Spirit adalah larutan yang mengandung etanol ataupun hidroalkohol yang mudah menguap. Larutan spirit seringkali digunakan sebagai bahan pengaroma dalam sediaan larutan.

Baca juga: Perbedaan Zat Tunggal dan Campuran

Tingtur adalah larutan yang mengandung etanol dan hidroalkohol seperti spirit. Yang membedakan keduanya adalah tingtur berasa dri tumbuhan ayai senyawa kimia.

Air aromatik adalah larutan yang biasanya mengandung air dan senyawa aromatic yang mudah menguap.

Zat tambahan yang digunakan dalam sediaan larutan adalah pewarna, pengawet, perasa (biasanya pemanis), pengaroma, dan juga zat anti mikroba untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Contoh dari sediaan larutan adalah obat sirup, obat kumur, tetes mata, tetes hidung, inhalasi, obat yang disuntikkan, rivanol, dan juga betadin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi